iPrice : Pengunjung Shopee Tertinggi di Asia Tenggara Pada 2020

Shopee 12.12 Birthday Sale,

Christin Djuarto Direktur Shopee Indonesia pada perayaan puncak festival belanja Shopee 12.12 Birthday Sale. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Riset iPrice mendapati bahwa Shopee memimpin dari sisi jumlah kunjungan ke platform e-commerce per bulan di Indonesia sepanjang tahun 2020. Anak perusahaan dari SEA Group ini menggeser Tokopedia di posisi kedua.

Secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020, jumlah kunjungan ke platform Shopee di Tanah Air yakni 71,53 juta, 93,44 juta, 96,53 juta, dan 129,32 juta. Sedangkan Tokopedia 69,8 juta, 86,1 juta, 85 juta, dan 114,7 juta.

iPrice juga mencatat, jumlah kunjungan ke platform Shopee merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. “Rata-rata total kunjungan website (di Indonesia) selalu di atas 90 juta per bulan selama 2020,” demikian dikutip dari laporan iPrice, Kamis (11/2/2021).

Sedangkan rata-rata kunjungan ke platform Tokopedia 80 juta per bulan sepanjang tahun lalu. Dari sisi jumlah pengikut di media sosial, Tokopedia menduduki peringkat pertama di Twitter dengan sekitar 700 ribu follower selama tahun lalu. Disusul oleh Shopee dengan total pengikut sekitar 540 ribu. Peringkat ketiga ditempati oleh Blibli sekitar 510 ribu.

Instagram, Shopee Indonesia menduduki peringkat pertama dengan 7,1 juta pengikut. Lalu Lazada 2,6 juta dan Tokopedia 2,4 juta.

Bukalapak berada di urutan ketiga. Jumlah kunjungan ke platform per bulan secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020 yakni 37,63 juta, 35,29 juta, 31,42 juta, dan 38,58 juta.

Rupanya strategi menggandeng bintang K-Pop berhasil. Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan seperti Red Velvet, GFriend, ITZY, Mamamoo, Monsta X, dan GOT7. Dengan strategi tersebut, Shopee masih memimpin dari sisi jumlah kunjungan per bulan di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam pada Kuartal II 2020 berdasarkan data iPrice. Sedangkan Lazada unggul di Filipina.

Kini Tokopedia menggaet BTS dan Blackpink sebagai brand ambassador mereka. Lazada melakukan langkah yang sama dengan mengangkat Lee Min Ho.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version