Jajal Mobil Dengan Teknologi Virtual Reality Test Drive

Lay Ridwan Gautama SVP Trade Partnership Blibli.com dengan Teknologi Virtual Reality Test Drive. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Teknologi virtual reality tak lagi sebatas untuk game tetapi telah diterapkan dalam berbagai aspek kegiatan manusia. Salah satunya adalah mencoba mengendarai mobil alias test drive. Layanan digital ini ditawarkan Blibli.com pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Di ajang pameran ini pengunjung dapat merasakan secara virtual kabin mobil dengan menggunakan headset virtual reality (VR) yang menampilkan video interior mobil yang ditangkap menggunakan kamera 360 derajat.

“Pelanggan sudah sering memanfaatkan platform e-commerce untuk memeriksa harga, mengetahui spesifikasi dan menggunakan promosi online saat membeli otomotif. Hadirnya teknologi virtual reality akan memperluas pengalaman berbelanja online karena kini, pelanggan juga bisa merasakan secara virtual interior sebuah mobil,” kata Lay Ridwan Gautama SVP Trade Partnership Blibli.com dalam keterangannya baru-baru ini.

Blibli.com bekerja sama dengan berbagai merek otomotif untuk menghadirkan simulasi virtual tujuh tipe otomotif, yaitu Renault Triber, Nissan All New Livina VE, Jeep Compass, DFSK Glory 560 1.5L Turbo, Wuling Almaz Turbo dan Mercedes Benz A-Class 2019 dan brand lainnya. Dari semua rangkaian ini, Renault  Triber adalah model terbaru yang akan masuk ke pasar.

Baca juga :   Milenial Asia Pasifik Lebih Optimistis Menatap Masa Depan

Selain itu, Blibli.com juga menjadi exclusive e-commerce launching partner untuk Renault Triber, di mana Renault Triber warna space blue hanya dapat dibeli melalui Blibli.com. Blibli.com, sebagai mitra eksklusif, menawarkan booking fee mulai dari Rp 3 juta.

Menurut Lay, fitur virtual reality menjembatani pengalaman berbelanja online dan offline yang sejalan dengan strategi E-Commerce 4.0 milik Blibli.com. E-Commerce 4.0 adalah strategi di mana kanal online dan offline disinergikan untuk memberi pelanggan pengalaman berbelanja yang baru.

Strategi inovatif penting untuk memaksimalkan kesempatan dari pertumbuhan industri e-commerce yang diperkirakan mencapai US$12,8 juta pada 2020, berdasarkan data dari Statista.

Selain virtual test drive, Blibli.com menghadirkan pengalaman online-to-offline (O2O) melalui fitur Tukar Tambah mobil dan Buy Online Pay In Store (BOPIS) yang semuanya akan hadir di GIIAS 2019. Fitur BOPIS memungkinkan para pelanggan yang membeli suku cadang dan aksesoris di Blibli.com dan memasangnya di toko merchant partner, sedangkan Tukar Tambah memungkinkan pelanggan untuk menukar mobil lama dengan yang baru melalui Blibli.com.

Baca juga :   E-Sports Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018

“Semua fitur-fitur e-commerce terkini kami hadirkan untuk menjaga kepuasan pelanggan, sesuai dengan komitmen Customer Satisfaction First dari Blibli.com. Pelanggan otomotif Blibli.com juga bisa menikmati keuntungan beberlanja lainnya, seperti produk 100% orisinil dan pengiriman cepat,” lanjut Lay.

GIIAS 2019 digelar di ICE, BSD City dari tanggal 18 Juli hingga 28 Juli 2019. Mengusung tema “Future In Motion”, GIIAS fokus pada transformasi teknologi di industri otomotif. Blibli.com hadir di GIIAS 2019 sebagai official e-commerce partner.

Industri otomotif di Indonesia diprediksikan tumbuh sebesar 13,6% dari 2019 ke 2020 berdasarkan data Gaikindo dan target penjualan otomotif pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 1,25 juta unit. Perkembangan industri otomotif ke depan telah direncanakan melalui roadmap industri otomotif yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian, yang juga mengedepankan rencana inovasi teknologi mendatang.

STEVY WIDIA