Minggu, 18 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

JFX dan KBI Dukung Penyandang Disabilitas Menjadi Entrepreneur

22 Desember 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
JFX - KBI x barista

JFX dan KBI Dukung Penyandang Disabilitas Menjadi Entrepreneur (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Jakarta Futures Exchange (JFX) dan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) menggelar pelatihan barista bagi para penyandang disabilitas di Medan, Sumatera Utara, yang telah berjalan beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan pelatihan yang dilaksananan di Balai Besar Pengembangan Latihan Tenaga Kerja (BBPLK) Medan tersebut, JFX dan KBI menggandeng Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Kodam I Bukit Barisan serta Kementerian Ketenagakerjaan.

“Masyarakat penyandang disabilitas menjadi salah satu kelompok yang merasakan dampak negatif dari pandemi covid. Padahal masyarakat penyandang disabilitas dapat dikaryakan untuk ikut mendukung pemulihan ekonomi akibat covid yang merusak sejumlah sektor ekonomi. Apa yang kami jalankan ini tentunya merupakan salah satu resep kami menjawab tantangan mengurangi pengagguran, dan membangun kreatifitas dan menciptakan pekerjaan baru. Kegiatan ini menjadi salah satu wujud nyata kami untuk peduli akan sesama, yang akan terus ditumbuh-kembangkan,” ujar Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama Jakarta Futures Exchange, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/12/2021) .

Industri kopi secara ritel di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Kedai-kedai kopi bermunculan tidak hanya di tengah kota, namun sampai juga ke daerah. Konsumsi kopi di Indonesia juga terus mengalami peningkatan. Data dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian menyebutkan, konsumsi kopi di Indonesia tahun 2018 mencapai 314 ribu ton, dan diprediksi akan terus tumbuh sekitar 8,2 % sampai tahun 2021.

Baca juga :   Alfamart Resmikan Pusat Pelatihan dan Magang Kerja Disabilitas

Tahun 2021, tingkat konsumsi kopi nasional diprediksi akan mencapai 370 ribu ton. Petumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia ini menurut International Coffee Organization (ICO) berada diatas rata-rata dunia pada umumnya.

Fajar Wibhiyadi Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mengatakan bahwa pelatihan barista bagi disabilitas ini merupakan bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR). Sebagai Badan Usaha Milik Negara, KBI memiliki tugas untuk turut meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Dengan memberikan pelatihan penyandang disabilitas untuk menjadi barista ini, kami berharap ke depan para penyandang disabilitas akan menjadi entrepreneur dan pelaku ekonomi, khususnya dalam bisnis kopi secara ritail. Kita tahu penggemar kopi di Indonesia sangat besar dan terus meningkat. Tentunya ini akan menjadi lahan ekonomi bagi para barista. Untuk itu, para barista harus memiliki kemampuan yang cukup untuk bisa menjawab kebutuhan masyarakat,” jelas Fajar.

Baca juga :   VMware Hadirkan Layanan Untuk Pengelolaan Multi Cloud

 

FAHRUL ANWAR

Tags: baristaentreprenurJakarta Futures Exchange (JFX)penyandang disabilitasPT Kliring Berjangka Indonesia (KBI)
Previous Post

Tarif Layanan Internet Broadband di Indonesia Bukan yang Termahal?

Next Post

Tingkatkan Pelayanan, Transaksi KedaiMart Meroket 14 Kali Lipat di Akhir Tahun

Related Posts

IDCamp Gen AI Bootcamp
Headline

IDCamp Gen AI Bootcamp 2024, Berikan Pelatihan AI bagi Guru dan Penyandang Disabilitas

28 Desember 2024
0
Penyandang Disabilitas
Headline

Membekali Para Penyandang Disabilitas dengan Pendidikan dan Keahlian

7 Desember 2024
0
XL Axiata
News

XL Axiata Gelar Program Disabilitas Siap Kerja dan Kompetensi Digital

22 Juli 2024
0
Load More
Next Post
KedaiMart

Tingkatkan Pelayanan, Transaksi KedaiMart Meroket 14 Kali Lipat di Akhir Tahun

Achmad Alkatiri x Gita Wiryawan

Akselerasi Brand Lokal ke Taraf Global, Hypefast Tunjuk Gita Wirjawan sebagai Komisaris

Anugerah Innovillage 2021

Inovasi My I-Pond, Solusi Monitoring Kualitas Air untuk Petambak Ikan Nila Raih Penghargaan Best Of The Best dalam Anugerah Innovillage 2021

Discussion about this post

Recent Updates

Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version