youngster.id - Jumlah peserta PATA (Pacific Asia Travel Association) Travel Mart, yang tahun ini diselengarakan di Indonesia Convention Exhibition  (ICE), mengalami peningkatan. PATA Travel Mart 2016 ini diikuti 262 buyers dari 56 negara, plus 9 sposes dan sellers sebanyak 219 perusahaan dan 416 delegasi dari 35 negara. Termasuk 65 media internasional dari 15 negara dan 12 blogger.
“Jumlah peserta ini lebih banyak dibandingkan penyelenggaraan PATA Travel Mart 2015 tahun lalu di Bengalore, India yang diikuti 242 buyers dari 55 negara dan 26 sellers dari 28 negara, dan 42 media internasional dari 14 negara,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Bumi Serpong Damai (BSD), Provinsi Banten, Kamis 8 September 2016.
Menurut Arief, peningkatan jumlah peserta PATA Travel Mart 2016 itu sebagai pertanda tingginya minat pelaku bisnis pariwisata dunia, khususnya dari kawasan Asia Pasfik, terhadap produk pariwisata Indonesia yang dikemas dalam branding Wonderful Indonesia.
“Gencarnya promosi Wonderful Indonesia dengan menampilkan 10 destinasi prioritas sebagai ”˜10 Bali Baru”™ telah menarik perhatian pelaku bisnis pariwisata dunia,” klaim Arief.
Kepercayaan dunia terhadap pariwisata Indonesia semakin kuat, lanjut Arief, menunjukkan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara di kawasan Asia Pasifik yang industri pariwisatanya tumbuh secara sustain. Sehingga dalam lima tahun ke depan tumbuh menjadi dua kali lipat dengan jumlah kunjungan sebanyak 20 juta wisman pada 2019.
Disebutkan Arief, sebagai tuan rumah (host) PATA Travel Mart 2016 Indonesia mendapat kesempatan untuk menampilkan lebih banyak seller untuk melakukan ajang B to B PATA Travel Mart 2016. Sebanyak 50 sellers dari Indonesia tersebut diproyeksikan akan memperoleh nilai transaksi sekitar Rp 1,1 triliun.
HENNI T. SOELAEMAN
Discussion about this post