Senin, 20 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Kemendag Perkuat Promosi Lewat Negara-negara OKI

24 Mei 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Kemendag Perkuat Promosi Lewat Negara-negara OKI

the Trade Fair of the OIC Member States (TFOIC) jadi ajang promosi Kementrian Perdagangan indonesia. (foto : dok. Kemendag)

youngster.id - Kementerian Perdagangan memperkuat promosi produk-produk Indonesia melalui negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dalam pameran the Trade Fair of the OIC Member States (TFOIC) pada 22-26 Mei 2016 di Riyadh International Convention and Exhibition Center, Arab Saudi.

“Ikatan sesama anggota OKI selama puluhan tahun ini dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan ekspor nasional,” kata Plt. Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Tjahya Widayanti, dalam siaran pers Senin (23/5/2016).

OKI menyelenggarakan pameran TFOIC setiap dua tahun dengan negara tuan rumah yang dipilih secara bergilir. Tahun ini merupakan penyelenggaraan TFOIC yang ke-15 kalinya.

Tjahya yakin bahwa lewat promosi yang gencar dilakukan, ekspor Indonesia ke negara-negara anggota OKI dapat ditingkatkan.

Baca juga :   Telkomsel Perluas Pemerataan Akses Jaringan Broadband 4G LTE

“Ekspor Indonesia ke Arab Saudi selama lima tahun terakhir mengalami tren positif dengan pertumbuhan sebesar 9,7 persen, dari 1,43 miliar dolar AS pada 2011 menjadi 2,06 miliar dolar AS pada 2015. Diharapkan terus meningkat,” ujarnya.

Paviliun Indonesia berdiri di area seluas 130 meter persegi dengan satu tema tunggal “Trade with Remarkable Indonesia” dan menawarkan ragam jenis produk dari 15 perusahaan eksportir Indonesia.

Produk yang ditampilkan antara lain baju dan alas kaki berbahan serat bambu, perhiasan dari mutiara, serta produk makanan dan minuman halal dari rempah-rempah, produk-produk minyak sawit, kopi arabika, bumbu masak, makanan ringan, dan minuman vitamin C.

Eksportir Indonesia juga menampilkan pakaian muslim, popok untuk anak dan dewasa, serta perlengkapan olahraga. Selain itu, hasil-hasil alam seperti batu-batu alam untuk dekorasi rumah, kayu gaharu, dan briket turut memeriahkan Paviliun Indonesia.

Baca juga :   Pos Indonesia Dorong Pemasaran Usaha Kecil

Dikatakan Tjahya, selama ini Indonesia merupakan negara pemasok ke-18 di Arab Saudi dengan produk-produk seperti kendaraan bermotor, palm oil, ban, saus dan bumbu masak, hingga arang dari kayu.

Arab Saudi juga banyak mengimpor dari negara-negara di luar anggota OKI, seperti Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, Jerman, Jepang, dan Republik Korea.

OKI terbentuk setelah para pemimpin sejumlah negara Islam menyepakati Deklarasi Rabat di Maroko pada September 1969. OKI saat ini beranggotakan 57 negara Islam atau berpenduduk mayoritas Muslim yang berada di kawasan Asia dan Afrika.

OKI bertujuan meningkatkan solidaritas Islam dan kerja sama ekonomi di antara negara anggota, mengoordinasikan kerja sama antarnegara anggota, serta mendukung perdamaian dan keamanan internasional.

Baca juga :   80% Konsumen Tetap Gunakan Layanan Digital di Ramadan 2023

STEVY WIDIA

Tags: Kementerian PerdaganganOrganisasi Kerja Sama Islam (OKI)promosi
Previous Post

Next Door Land, Game Online Kolaborasi RI-Australia

Next Post

Bimbel, Game Edukasi Bahasa Indonesia

Related Posts

BI-FAST
News

Kini, DANA Jadi Peserta BI-FAST Penyedia Jasa Pembayaran Nonbank

20 Maret 2023
0
Mobile Legends Bang Bang Game
News

Kerja Sama UniPin dan GameZero Untuk Top-up Voucher Game

20 Maret 2023
0
properti OYO
News

OYO Berikan Hadiah Bagi Wisatawan yang Nginap Selama Ramadan

20 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Bimbel, Game Edukasi Bahasa Indonesia

Bimbel, Game Edukasi Bahasa Indonesia

Melon Box, Layanan Musik Digital Bagi UKM

Melon Box, Layanan Musik Digital Bagi UKM

Seismo Sense, Aplikasi Untuk Tanggap Bencana

Seismo Sense, Aplikasi Untuk Tanggap Bencana

Discussion about this post

Berita Terbaru

GoTo Manajemen

Kuartal Keempat 2022, Group GOTO Bukukan Pendapatan Kotor Sebesar Rp6,3 Triliun

20 Maret 2023
0
BI-FAST

Kini, DANA Jadi Peserta BI-FAST Penyedia Jasa Pembayaran Nonbank

20 Maret 2023
0
Mobile Legends Bang Bang Game

Kerja Sama UniPin dan GameZero Untuk Top-up Voucher Game

20 Maret 2023
0
AdMedia

AdMedika Dukung Program Kelestarian Lingkungan Hidup di Desa Adat Kedonganan Bali

20 Maret 2023
0
Digitalisasi Bank Perkreditan Rakyat

Digitalisasi BPR, Upaya Dukung Pertumbuhan Bisnis UMKM

20 Maret 2023
0
properti OYO

OYO Berikan Hadiah Bagi Wisatawan yang Nginap Selama Ramadan

20 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version