youngster.id - Bulan Ramadan merupakan momentum yang sangat spesial bagi masyarakat Indonesia. Menariknya, mMasyarakat cenderung mengalokasikan lebih banyak dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam periode Ramadan hingga Idul Fitri 2023. Layanan pembiayaan ternyata menjadi pilihan masyarakat di momentum Ramadan kali ini.
Hasil survey dari PT Home Credit Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat tidak hanya mengandalkan uang tunai, namun juga mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pembiayaan untuk membeli berbagai barang seperti furnitur, perlengkapan elektronik rumah tangga dan gadget.
VP Brand & Marketing Strategy Home Credit Indonesia Martha Grashiana mengungkapkan, survei yang dilakukan ini melibatkan lebih dari 1.300 responden pada Februari 2023 melalui aplikasi My Home Credit.
“Responden memilih pembiayaan barang dengan berbagai alasan terkait pengelolaan pengeluaran. Selain itu, responden juga memilih pembiayaan barang dengan alasan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan kepada pelanggan,” papar Martha dalam jumpa pers, Kamis (6/4/2023) di Jakarta.
Dia memaparkan, hasil survei mendapati 58% responden memilih pembiayaan barang adalah untuk mengelola arus kas keuangan pribadi. Kemudian 35% memilih menyimpan uang tunai untuk dana darurat atau ditabung. Sedangkn 30% memilih melengkapi kebutuhan dana untuk membeli barang yang dibutuhkan.
Selain alasan pengaturan pengeluaran, responden juga memilih pembiayaan barang dengan alasan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan. Seperti proses yang cepat dan mudah (54%), tenor yang cocok (54%), pengalaman yang baik dengan pembiayaan barang sebelumnya (50%), serta promo yang aktraktif (39%).
Martha menambahkan dalam survei tersebut terungkap bahwa responden cenderung lebih memilih saluran pembelian offline dengan porsi 54% seperti toko-toko di pusat perbelanjaan modern (mall) atau pasar tradisional, untuk membeli berbagai barang seperti gadget (termasuk smartphone), peralatan elektronik rumah tangga, furniture, kebutuhan dasar seperti beras dan sebagainya.
Sementara itu, responden cenderung lebih memilih saluran pembelian online dengan porsi 46% seperti e-commerce, media sosial, website brand atau saluran lain untuk melakukan transaksi seperti membeli fashion dan aksesoris, perlengkapan hobi dan pembayaran tagihan.
Saat ini, Home Credit Indonesia telah melayani lebih dari 5,5 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 22.000 titik penjualan.
Berangkat dari kebutuhan masyarakat atas pembiayaan barang tersebut, Home Credit menghadirkan program spesial bernama Promo Ngabuburit. Dalam program yang berlaku sepanjang bulan Ramadan ini, masyarakat yang menggunakan layanan Home Credit berkesempatan untuk mendapatkan ratusan hadiah menarik setiap harinya seperti emas 5 gram, peralatan elektronik, gadget, dan saldo Home Credit Pay.
“Program spesial selama Ramadan ini bertujuan untuk semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya selagi memanfaatkan waktu Ngabuburit bersama kerabat dan orang-orang terdekat, agar momen Ramadan ini jadi bisa lebih bermakna,” pungkas Martha.
STEVY WIDIA
Discussion about this post