Pekerja Optimis Tahun 2021 Ekonomi Akan Membaik

Pekerja di Indonesia menyatakan siap bekerja jarak jauh dalam jangka panjag,. Tetapi mereka mengharapkan adanya dukungan sumber daya teknologi (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Para pekerja optimis bahwa tahun 2021 keadaan ekonomi Indonesia akan membaik. Populix mencatat, 8 dari 10 orang mengaku optimis bahwa penghasilan dari pekerjaan maupun bisnis mereka akan membaik pada tahun 2021.

Keyakinan tersebut terlihat dari 29% responden yang optimis akan memiliki sumber pendapatan lebih dari satu. Sedangkan 26% lainnya yakin bisa mulai berinvestasi.

Optimisme masyarakat tersebut tentunya berpengaruh pada tren transaksi yang akan digunakan pada 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Penggunaan transaksi non-tunai yang sudah membahana sejak awal pandemi akan berlanjut.

E-wallet menjadi platform transaksi finansial yang paling banyak digunakan. Jumlahnya mencapai 47% pilihan responden. Platform lainnya; Mobile Banking, Debit Card dan Internet Banking masing-masing mendapat 28%, 12%, dan 7% pilihan responden.

ShopeePay, meski muncul belakangan, merupakan e-wallet yang paling unggul dibanding kompetitor lain. ShopeePay digunakan oleh 25% responden. Sementara, OVO dan GoPay masing-masing digunakan oleh 23% dan 22% responden.

“E-wallet umumnya digunakan untuk transaksi via e-commerce. 51% responden menggunakan E-wallet untuk belanja keperluan sehari-hari. Sementara, 20% lainnya menggunakan E-wallet untuk membeli pulsa, voucher dan bayar tagihan,” kata Jessica Gautama, Head of Marketing Populix dalam keterangan resminya belum lama ini.

Uniknya, masyarakat tidak tergiur oleh promo kartu kredit dan mudahnya pinjaman online yang selama pandemi menjamur. Sebanyak 73% responden mengaku tidak menggunakan kartu kredit. Sementara, 81% responden mengaku tidak memanfaatkan jasa pinjaman online meski terhimpit masalah ekonomi.

Populix melakukan survei terhadap 5922 responden yang terdiri 58% perempuan dan 42% laki-laki. Survei dilakukan selama periode Desember 2020.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version