youngster.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng MatahariMall.com dalam program pemberdayaan bagi pelaku UKM, yakni UKM Super.
Kerjasama yang bertujuan untuk mengembangkan potensi bisnis ke ranah digital ini, diresmikan dengan penandatanganan kerjasama antara MatahariMall.com dengan perwakilan UKM binaan Kemendag, di Jakarta, 21/2.
“Dengan menggandeng MatahariMall.com sebagai salah satu marketplace e-Commerce terbesar di Indonesia, pemerintah akan bekerjasama untuk memperluas jaringan bisnis UKM melalui ranah digital,” ujar Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia.
Pasalnya, pada tahun 2016, jumlah UKM di Indonesia diperkirakan mencapai 55,2 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 57,9% dan kontribusi penyerapan tenaga kerja 97,2%.
Menurut Enggartiasto, selain berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, UKM juga memiliki kontribusi yang penting dalam mengatasi permasalahan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, pihaknya membuat sebuah program strategis untuk mengembangkan dan memperkuat seluruh potensi UKM.
“Kami melihat bahwa MatahariMall.com tak hanya berfokus pada penjualan online, namun juga berkontribusi mengadakan pendampingan dan edukasi kepada UKM yang telah bergabung,” tambahnya.
Program pemberdayaan UKM Super ini akan dikemas dalam sebuah pembekalan teknis serta pendampingan dalam rangka penguatan produk untuk meningkatkan daya saing serta optimalisasi praktik pemasaran digital. Dengan memodernisasi seluruh proses operasionalnya, mulai dari produksi, branding, lisensi, hingga pengemasan. Dengan begitu, bisnis UKM diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga dapat lebih maju untuk kemudian memanfaatkan platform digital dalam berbisnis.
MatahariMall.com sendiri sejak awal memang memiliki perhatian pada para UKM. MatahariMall.com secara aktif menggandeng dan membimbing ribuan pelaku UKM di Indonesia. Antara lain membekali pelaku UKM dengan beragam materi pembelajaran bisnis online untuk membantu meningkatkan kualitas, daya saing, dan juga jangkauan mereka baik di pasar lokal maupun internasional.
“Sejak awal, kami mengerti betapa penting peran UKM di dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kami juga percaya bahwa dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, pelaku UKM akan dapat mempercepat peningkatan kontribusi positif tersebut,” jelas Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post