Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Perlu Ada Perlindungan Konsumen e-Commerce Antar Negara

14 April 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Perlu Ada Perlindungan Konsumen e-Commerce Antar Negara

Kawasan Asia Pacific akan menjadi pasar B2C e-commerce terbesar tahun 2016 (foto: slildeshare.net)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perdagangan e-commerce memang merupakan perdagangan bisnis yang fleksibel. E-commerce bisa membuat jalur perdagangan internasional terpotong. Untuk itu WTO dan pemerintah mesti mengatur tentang perlindungan konsumen dan bea masuk untuk bisnis e-commerce yang terjadi secara langsung antar Negara.

Demikian disampaikan Kepala Departemen Ekonomi Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri dalam sebuah diskusi Rabu (13/4/2015) di Jakarta.  Dia berpendapat

penting bagi masyarakat Indonesia, perdagangan e-commerce lintas negara diatur oleh WTO. Minimal, organisasi di bawah PBB tersebut mesti membuat aturan tentang hak perlindungan konsumen dan standar kualitas barang yang dijual secara e-commerce.

“Konsumen itu perlu proteksi karena rantai dagangnya kan dipotong. Selama ini kan ada retailer atau distributor yang tanggung jawab terhadap kualitas barang. Kalau e-commerce, pelayanannya kan gak face to face. Jadi proteksi perlu,” tegas Yose.

Baca juga :   Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis

Sementara itu Direktur Jenderal WTO Roberto Azevedo menuturkan pihaknya memang sudah membawa isu e-commerce ke dalam diskusi kelompok kerja (working group) di WTO. Namun, hasilnya belum bisa menentukan apakah perdagangan e-commerce akan diatur WTO atau tidak.

Permasalahannya, kata dia, banyak pihak termasuk diskusi di tubuh WTO sudah mempermasalahkan berbagai pajak, hak perlindungan konsumen, dan peraturan yang menyangkut e-commerce. Padahal, menurut dia, substansi dasar tentang e-commerce belum disepakati dan diharmonisasi.

Roberto memaparkan arti e-commerce sendiri sangat luas, bisa berupa perdagangan barang, jasa, platform aplikasi, atau bentuk lainnya. Selain itu, belum ada diskusi yang berhasil menghasilkan fokus dari perdagangan e-commerce yang jenisnya sangat luas, tujuan, dan hasil yang diharapkan dari bisnis online tersebut.

Baca juga :   Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,4 Miliar

Karena itu, Roberto masih pesimistis sistem perdagangan lewat e-commerce akan diatur oleh WTO dalam waktu dekat. Dia menilai seluruh pihak yang berdiskusi soal e-commerce, termasuk pada pelaku usaha masih belum bisa merinci hal-hal mendasar tersebut.

“Saya sudah berbicara dengan pemilik Amazon, Alibaba, dan semua perusahaan besar e-commerce. Saya minta mereka jelaskan tentang operasi mereka dan hambatan yang paling besar untuk bisnisnya. Lalu, saya juga tanyakan ke meraka apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu usaha kecil menengah (UKM) masuk ke pasar global. Sejauh ini, saya tidak mendapatkan jawabannya,” tuturnya dilansir Metrotvnews.com.

 

STEVY WIDIA

 

Tags: e-commercekonsumerworld trade organization (WTO)
Previous Post

Tokopedia Startup Favorit Pencari Kerja

Next Post

Nayoko Wicaksono : “Mak Comblang” Penyedia dan Pemberi Jasa

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post

Nayoko Wicaksono : "Mak Comblang" Penyedia dan Pemberi Jasa

Gamal Albinsaid, Raih Penghargaan Pangeran Charles Berkat Klinik Asuransi Sampah

Gamal Albinsaid, Raih Penghargaan Pangeran Charles Berkat Klinik Asuransi Sampah

IoT Picu Transformasi Digital Perusahaan

IoT Picu Transformasi Digital Perusahaan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version