Perluas Saluran Distribusi Layanan, Telkomsel Gandeng 14 e-Commerce

Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid (tengah) dan Vice President Channel Management Telkomsel Mirza Budiwan bersama para pimpinan perusahaan e-commerce seusai penandatangan perjanjian kerjasama Telkomsel bersama mitra e-commerce di Jakarta, Kamis (22/12). (Foto: Telkomsel/Youngsters.id)

youngster.id - Guna memperluas jaringan distribusi layanannya melalui saluran daring (online channel), Telkomsel menggandeng 14 perusahaan e-commerce di Indonesia. Mereka adalah Tokopedia, Kaskus, Alfacart, Blanja, Lazada, Go-Jek, Mataharimall, Traveloka, Bhinneka, Blibli, JD.id, Grab, Bukalapak, dan Dinomarket.

“Kerjasama dengan nama-nama besar di industri e-commerce nasional ini kami harapkan mampu menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk memperoleh layanan dengan lebih cepat melalui online channel,” kata Mas’ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel, pada saat penandatangan kerja sama, di Jakarta (22/12/2016).

Selain mitra online, kerjasama ini juga melibatkan para mitra agregator, yakni Koperasi Telekomunikasi Selular, PT Narindo Sarana Komunikasi, PT Oromont Symphony, dan PT Pulsa Media Bersama.

Bentuk kerjasamnya, Telkomsel menjadi penyedia stok pulsa prabayar, baik pulsa reguler yang akan menambah saldo pulsa pelanggan, maupun pulsa data yang akan menambah kuota layanan data pelanggan. Sedangkan, mitra online merupakan saluran pemasaran yang menyediakan stok pulsa prabayar Telkomsel. Dan, mitra agregator berperan sebagai penyedia teknologi host-to-host yang memungkinkan terjadinya transaksi isi ulang pulsa Telkomsel melalui mitra online.

Dengan adanya kerjasama ini, pelanggan Telkomsel dapat memperoleh pulsa reguler maupun pulsa data dengan mengakses aplikasi mobile atau situs e-commerce yang sudah bekerjasama dengan Telkomsel. Pelanggan cukup memilih menu pembelian pulsa, lalu memasukkan nomor ponsel yang akan diisi ulang pulsa, kemudian memilih denominasi yang tersedia mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 1 juta. Selanjutnya pelanggan memilih metode pembayaran yang disediakan, di mana setelah transaksi sukses dilakukan, pulsa akan masuk ke nomor ponsel pelanggan dan pelanggan akan menerima SMS notifikasi bahwa transaksi berhasil dan pulsa telah bertambah.

Baca juga :   Inilah Startup Lokal Dengan Pendanaan Fantastis

“Kehadiran mitra online sebagai saluran distribusi layanan Telkomsel, tentunya memperkaya ragam alternatif saluran untuk mendapatkan layanan. Kini pelanggan dapat memilih untuk memperoleh layanan melalui saluran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupnya,” ucap Mas’ud.

Baru-baru ini, Telkomsel juga menjalin kerjasama serupa dengan mitra perbankan yang terdiri dari bank swasta nasional, bank BUMN, dan bank BPD di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai dengan Papua. Kerjasama tersebut menjadikan bank sebagai saluran penyedia pulsa reguler dan pulsa data Telkomsel dengan denominasi mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 1 juta melalui layanan electronic banking (e-banking), automatic teller machine (ATM), internet banking, SMS banking, dan mobile banking (m-banking).

 

FAHRUL ANWAR