PJI dan Henkel Indonesia Gelar Edukasi Agar Generasi Muda Cerdik Kelola Uang

Program perdana GEMILANG digelar di MTs Jamiatul Huda, Jakarta. (Foto: istimewa/PJI)

youngster.id - Data Otoritas Jasa Keuangan tahun 2025 menunjukkan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 65,43%, sementara indeks inklusi keuangan mencapai 80,51%. Artinya, meski banyak orang sudah memiliki akses ke layanan keuangan, masih diperlukan pemahaman yang lebih baik tentang cara menggunakan secara tepat. Untuk itu, edukasi keuangan penting diberikan sejak usia sekolah.
Hal ini mendorong Prestasi Junior Indonesia (PJI) bekerja sama dengan Henkel Indonesia menyelenggarakan program literasi keuangan bertajuk GEMILANG: Generasi Muda Cerdik Kelola Uang.

“Melalui GEMILANG, kami ingin memupuk kesadaran generasi muda bahwa mereka memiliki peran penting sebagai pengelola keuangan, konsumen cerdas, sekaligus calon wirausahawan. Pengetahuan ini akan menjadi bekal jangka panjang yang membantu mereka membangun masa depan finansial yang lebih aman, serta menularkan kebiasaan baik kepada orang-orang di sekitarnya,” ungkap Pribadi Setiyanto, Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia dikutip Rabu (3/12/2015).

Program perdana GEMILANG ini melibatkan 96 siswa kelas 9 dan 12 sukarelawan Henkel dalam kegiatan yang berlangsung di MTs Jamiatul Huda, Jakarta. Melalui program ini, siswa diperkenalkan pada dasar-dasar keuangan pribadi, nilai uang, serta kewirausahaan. Dengan menggunakan pendekatan experiential learning yang menekankan praktik langsung, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan konseptual tetapi juga merasakan manfaat nyata dari apa yang mereka pelajari.

Selain itu, dalam enam sesi interaktif, siswa mempelajari berbagai topik mulai dari fungsi uang, cara menyeimbangkan kebutuhan dan keinginan, hingga merancang ide bisnis sederhana. Aktivitas ini memberikan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari sekaligus membekali mereka dengan keterampilan yang dapat terus digunakan di masa depan.

Puncak pembelajaran diwujudkan dalam kegiatan Market Day, di mana 12 tim siswa menerima modal awal yang didonasikan oleh Henkel Indonesia untuk menjalankan ide bisnis mereka.

Head of Finance & Compliance ID, PT Henkel Indonesia Setiadi Sutanto mengatakan, aktivitas ini tidak hanya mengasah kemampuan wirausaha, tetapi juga menanamkan pemahaman bahwa keputusan finansial yang tepat berdampak nyata terhadap keberhasilan usaha dan kehidupan.

“Berinvestasi pada generasi muda merupakan salah satu kontribusi paling bermakna, dan kami senang dapat bermitra dengan PJI dalam program ini. Dengan mengajarkan konsep pengelolaan uang sejak dini, kami berharap anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang mandiri, mampu mengambil keputusan finansial yang bijak, dan membangun kebiasaan positif sepanjang hidup mereka,” pungkasnya.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version