Sabtu, 15 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Ralali Menjembatani UKM dengan E-Commerce

3 Juli 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
Joseph Aditya : Buka Lebar Peluang Usaha Digital Bagi UMKM

Joseph Aditya, Founder & CEO Ralali.com (Foto: Dok. Pribadi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pasar perdagangan online (e-commerce) jangkauannya semakin luas. Bukan hanya segmen consumer (B2C), segmen bisnis (B2B) juga menjadi market yang dituju. Salah satu pelaku e-commerce B2B itu adalah Ralali.com.

Startup ini fokus melayani para pelaku usaha kecil menengah (UKM) terhubung dengan marketplace. CEO Ralali, Joseph Aditya, mengatakan, dengan model bisnis tersebut, ada beberapa perbedaan pendekatan yang dilakukan kepada konsumennya.

“Mengingat konsumennya adalah para pelaku usaha, secara antar muka platform website maupun aplikasi, dibuat untuk memudahkan konsumen sesuai dengan segmennya masing-masing,” ujar Aditya dalam keterangannya Selasa (2/7/2019) di Jakarta.

Dengan konsumen yang sudah tersegmentasi, membuat market akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan juga berbeda. Untuk menarik konsumennya, perusahaan memilih tidak beriklan di billboard, TV atau internet. Tapi lebih banyak melakukan kegiatan offline seperti seminar dengan kelompok konsumen tertentu.

Baca juga :   Ralali Go Regional Lewat Proyek ASEAN B2B Marketplace

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti workshop kuliner dan coffee journey untuk mendekati para pelaku UKM yang fokus di bidang resto dan hotel. Ada juga komunitas di berbagai kota melalui city expansion, seperti di Kota Palembang, untuk membantu para pelaku UKM di daerah dalam pengembangan bisnisnya.

Menurut Aditya, pendekatan melalui kelompok konsumen itu menjadi kunci pelayanan yang diberikan. Dengan segmentasi konsumen menjadi lebih tertarget dan permintaan akan lebih jelas. Masing-masing segmen juga memiliki kebutuhan yang berbeda, seperti segmen Mart fokusnya ke harga murah karena untuk dijual kembali, tapi kalau Resto fokusnya adalah ketepatan waktu karena butuh kesegaran untuk menjaga kualitas.

“Buat saya segmentasi itu penting, setelah segmen selesai, baru kategori di dalam restoran apa, misalkan peralatan, ingredient, packaging, dan lainnya, furnitur dan lainnya,” jelas Aditya. 

Baca juga :   Datascrip Resmikan Canon Image Square ke-16

Pengelompokan produk itu berdasarkan jenis usaha itu tentu memberikan nilai tersendiri kepada para konsumen dibanding ketika mereka mengunjungi toko online lainnya dengan model bisnis B2C. Satu lagi keuntungan yang ditawarkan adalah harga yang lebih murah, karena produk diralali dijual secara grosir. Ditambah kemudahan platform e-commerce pada umumnya, seperti dapat dibeli secara online dari rumah dan layanan pengiriman.

Aktivitas offline menurut Aditya, menjadi cara untuk mengenal konsumennya (KYC), memastikan usaha para konsumennya. Tidak hanya itu, Ralali juga memiliki agen di lapangan untuk melakukan pendekatan satu per satu. Untuk membantu survei juga ada fitur Big Agen di aplikasi Ralali.

“Semua itu bertujuan untuk lebih dekat dengan target dan membangun relasi yang baik dengan pemerintah di berbagai kota, untuk akhirnya memberdayakan masyarakat yang belum memiliki pekerjaan,” pungkas Aditya.

Baca juga :   Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia

STEVY WIDIA

Tags: e-commerce B2BRalali
Previous Post

Tech Furry, Baterai Cair Yang Ramah Lingkungan

Next Post

Mid-Year Festival, Lazada Luncurkan Gameshow “GUESS IT!”

Related Posts

Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia
Headline

Alibaba.com Buka Peluang Ekspor Bagi Pelaku UMKM Indonesia

27 Agustus 2025
0
Ralali x SHIELD
News

Lindungi Bisnis dari Penipu, Ralali Manfaatkan Solusi SHIELD

27 Juli 2023
0
Ralali.com Fokus Berdayakan Sektor UMKM Melalui Marketplace Online
News

Ralali Digitalisasikan 1,5 Juta Pelaku Usaha di 9 Kota Besar di Indonesia

25 Juli 2022
0
Load More
Next Post
Mid-Year Festival, Lazada Luncurkan Gameshow “GUESS IT!”

Mid-Year Festival, Lazada Luncurkan Gameshow “GUESS IT!”

NTT Luncurkan Penyedia Layanan Teknologi Global

NTT Luncurkan Penyedia Layanan Teknologi Global

Belva Devara : Dukung Perkembangan Dunia Pendidikan Dengan Solusi Teknologi

Brain Academy, Gabungkan Kelas Tatap Muka dengan Teknologi

Discussion about this post

Recent Updates

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version