Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

SALT Dukung Industri Ritel Beri Pengalaman Berbeda di Dunia Metaverse

12 April 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Metaverse

Studio kreator konten. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kehadiran metaverse membawa perubahan dalam industri ritel. Teknologi ini menjadi saluran pendapatan baru untuk industri ritel terutama saat pasca-pandemi di mana konsumen sudah semakin terbiasa dengan gaya hidup digital.

CEO SALT Marco Widjojo mengungkapkan, di metaverse, industri ritel bisa membuat replika toko mereka dalam format digital dan mengundang konsumen untuk mengunjungi meta store yang dapat diakses melalui ponsel, komputer, atau perangkat virtual reality (VR) Oculus.

“Kelebihan metaverse adalah lewat meta store perusahaan dapat mewujudkan imajinasi yang paling kreatif yang pernah ada kepada konsumen, dan di saat yang sama konsumen tetap dapat mengenal dan mempelajari produk seperti halnya di toko fisik,” ujar Marco dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Menurut dia, opsi lainnya adalah perusahaan bisa mengorganisir peluncuran atau melakukan demonstrasi produk baru lewat meta store. “Di meta store, pengunjung dapat merasakan pengalaman 3 dimensi layaknya dunia nyata. Mereka dapat berinteraksi dengan penjaga toko, memilih produk bahkan berbincang dengan teman-teman yang hadir juga di sana,” kata Marco lagi.

Baca juga :   Kini Bisa Main Game Di SHAREit Tanpa Harus Unduh Aplikasi Tambahan

Marco menegaskan, SALT dapat mengakomodasi keinginan jenama atau perusahaan di industri ritel yang mau memberikan customer experience berbeda, dimana konsumen tidak hanya dapat berbelanja di toko fisik namun juga lewat toko digital atau meta store.

“Kami dapat mewujudkan impian perusahaan Anda, seperti punya toko ritel di benua lain atau planet Mars. Kami sangat terbuka untuk berdiskusi dan mengeksplorasi segala kemungkinan yang tersedia untuk meta store,” tambahnya.

Hal itu karena metaverse dibangun menggunakan teknologi blockchain, di toko meta-ritel juga dapat dilakukan transaksi jual beli. Jika mau, jenama bahkan dapat membuat koleksi produk digital dan juga NFT (Non-Fungible Token)-nya sendiri dan langsung dijual di meta store.  Jika ada konsumen yang ingin berbelanja, di metaverse transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan uang fiat (mata uang sehari-hari) atau mata uang kripto.

Baca juga :   Makhluk Fantasi Nusantara Ghost Parade Hadir di Dunia Metaverse

Perusahaan juga dapat mengintegrasikan rencana kampanye marketing mereka ke dalam meta store, misalnya dengan mengajak duta jenama Anda untuk mengunjungi meta store dan mempromosikannya pada akun media sosial mereka. Begitu alamat meta store dipublikasikan, publik akan segera mengetahui dan bersiaplah menerima kunjungan dari warganet. Kehadiran duta jenama di meta store dimana konsumen dapat berdiskusi langsung dengannya tentu akan menjadi gimmick yang menarik.

Harus diakui bahwa konsumen dari kalangan generasi Z lebih banyak menghabiskan waktu di dunia digital. Kebanyakan generasi yang lahir antara tahun 1997 – 2012 ini sudah memegang ponsel dari usia yang sangat muda dan kini mereka eksis di sosial media atau gim mobile.

Menurut sebuah studi, 81% konsumen global setuju jika eksistensi jenama di ranah digital sama pentingnya dengan eksistensi dalam bentuk toko fisik. Dunia metaverse pun berkembang dengan pesat dan saat ini telah hadir meta societies. Karena itu sekarang adalah saat yang terbaik bagi industri ritel untuk mulai melirik metaverse.

Baca juga :   Aturan Safe Harbour Policy Untuk Lindungi E-Commerce

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: industri ritelMetaverseSALT
Previous Post

Shopee Kampus Hadir Di Malang, Beri Keterampilan Digital Bagi Pelaku UMKM

Next Post

Startup Mycotech Lab Terpilih Masuk 10 Startup Grow Impact Accelerator

Related Posts

metaverse
News

Cara Baru Promosi Rokok: Lewat Metaverse, Advergames, dan NFT

27 November 2023
0
Metaverse DBS BetterWorld
News

“DBS BetterWorld”, Petualangan Metaverse Menyoroti Tantangan Sampah Makanan Global

2 September 2023
0
WIR Face Recognition
Headline

Startup Metaverse WIR Group Rambah Kecerdasan Buatan

3 Juni 2023
0
Load More
Next Post
Mycotech Lab

Startup Mycotech Lab Terpilih Masuk 10 Startup Grow Impact Accelerator

TikTok

TikTok Raih Rp 53,14 Triliun Dari Belanja Pengguna

Nerflix

Kecepatan Streaming Netflix di Indonesia Meningkat

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version