youngster.id - Transaksi jual beli berbasis percakapan atau chat commerce mulai bertumbuh di konsumen Indonesia. Hal ini mendorong Sirclo meluncurkan Sirclo Chat, layanan yang dapat membantu ribuan brand maupun pemilik usaha kecil menengah melakukan jual-beli langsung lewat WhatsApp.
“Karena itu, kami menyiapkan layanan Sirclo Chat yang memungkinkan penjual mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk mereka dalam chat room Whatsapp, dan konsumen dapat langsung melakukan pembelian,” kata Brian Marshal CEO Sirclo dalam keterangan resmi, Senin (21/9/2020).
Menurut dia, pemanfaatan WhatsApp sendiri didukung dengan laporan Digital 2019 Report dari Hootsuite dan We Are Social. Laporan itu menunjukkan WhatsApp merupakan aplikasi kedua yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain itu, penetrasi WhatsApp yang tinggi menyebabkan pergeseran perilaku konsumen. Jadi, konsumen kini menginginkan admin toko online bersikap responsif dan akomodatif di WhatsApp.
Tren ini, mengawali chat commerce atau transaksi jual beli berbasis percakapan. Semakin baik admin WhatsApp merespons dan semakin praktis proses jual beli, kepercayaan dan kepuasan konsumen akan ikut meningkat.
“Pada dasarnya, konsumen Indonesia menyukai transaksi jual-beli dengan sentuhan personal. Mereka ingin bertany langsung soal spesifikasi produk mekanisme pengiriman, dan hal lain yang mungkin lebih rumit jika dilakukan via kanal e-commerce,” tutur CPO Sirclo, Leontius Pradhana.
Leontius menuturkan, lewat layanan ini, para klien Siclo dapat menjangkau basis konsumen lebih luas. Di samping itu, mereka juga dapat mempersingkat waktu penyelesaian transaksi termasuk menjalin hubungan dua-arah yang menyenangkan dengan konsumen.
Peluncuran Sirclo Chat semakin mengukuhkan visi perusahaan untuk membantu pelaku usah berjualan online. Saat ini, Sirclo sendiri sudah memiliki sejumlah layanan seperti Sirclo Store dan Sirclo Connexi.
“Kami selalu melihat perkembangan tren dan berupaya menghadirkan layanan baru yang dapat membantu klien-klien kami untuk berjualan online dengan lebih baik,” tutur Brian.
Untuk itu, Brian mengatakan nantinya ada rencana untuk mengintegrasikan tiga pilar Sirclo, yakni Sirclo Store, Sirclo Connexi, dan Sirclo Chat dalam satu platform. Dengan demikian, klien dapat mengurus seluruh proses transaksi dari satu platform tunggal.
STEVY WIDIA
Discussion about this post