SMAN Singaraja Juara Lomba Karya Ilmiah Nasional

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – SMA Negeri 1 Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali berhasil meraih juara pada lomba karya ilmiah tingkat nasional di Universitas Airlangga (Unair), Jawa Timur. Tim ini menyisihkan 79 tim dari seluruh Indonesia.

“Paper Competition For Senior High School Students” atau PACOM 2015 dihelat di Fakultas Kedokteran Unair. Tim SMAN 1 Singaraja diwakili oleh Putu Wicaksana AG, Putu Gea Rini Dian Pratiwi, dan Luh Putu Ariyani Pratiwi. Mereka mengusung karya tulis berjudul “Sinergisme VCO dan Ekstrak Biji Jinten Hitam untuk Mengobati Dermatitis Atopik pada Anak dengan Hewan Coba Mencit Balb/C”.

Kepala Sekolah SMAN 1 Singaraja, Putu Eka Wilantara, menjelaskan, penelitian tersebut dilakukan selama satu bulan dan berhasil menemukan fakta bahwa Mencit Balb/c yang diberikan perlakuan VCO dan ekstrak biji jinten hitam mampu mengobati penyakit dermatitis atopik.

Eka Wilantara berharap hasil karya siswanya tersebut dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta untuk dapat dikembangkan lagi. Terlebih lagi, anak didiknya melakukan penelitian hanya dengan alat yang tergolong minim dan waktu terbatas.

“Kami berharap dapat diperhatikan. Apalagi, anak didik kami sebelumnya juga sempat menemukan obat untuk mengatasi rabies, sehingga manfaat nantinya dapat dirasakan masyarakat,” tandasnya.

 

STEVY WIDIA