Sabtu, 25 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Strategi Kolaborasi dan Co-Branding Bisa Angkat Pamor Brand

24 Maret 2022
in News
Reading Time: 3 mins read
ShopeePay Talk

ShopeePay Talk Kolaborasi Hasilkan Kreasi. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Strategi co-branding dan kolaborasi menjadi salah satu pilihan tepat bagi bisnis yang hendak melebarkan sayapnya. Strategi ini dinilai mampu mendorong bisnis untuk menghasilkan ide yang segar serta unik, memperluas jangkauan pasar, hingga meningkatkan brand awareness di mata masyarakat. Strategi ini memerlukan perencanaan yang matang dan komprehensif agar tujuan dari co-branding dapat tercapai dengan efektif.

Strategi kolaborasi yang ideal ini dibagikan dalam ShopeePay Talk bertema “Kolaborasi Hasilkan Kreasi”, Rabu (23/3/2022).

Brand Enthusiast dan Founder & CEO Haloka Group Stephanie Regina menjelaskan, Co-branding secara langsung atau tidak akan mengekspos brand pada jangkauan konsumen yang makin luas. Terkait hal tersebut, tentu brand ingin membuat impresi yang tepat, terukur, dan konsisten. Maka dari itu, citra serta karakteristik yang khas merupakan pondasi yang harus dipegang teguh oleh brand ketika melangsungkan strategi ini.

“Brand perlu melakukan perencanaan yang matang, bahkan sebelum menjalankan kolaborasi. Dengan mengelaborasikan kebutuhan dan objektif dari kolaborasi, brand dapat memilih mitra kolaborasi yang akan melengkapi kekurangan sekaligus menonjolkan daya pikat dari masing-masing brand sehingga menghasilkan co-branding yang harmonis,” ungkapnya.

Baca juga :   ShopeePay dan McDonald’s Indonesia Perkuat Kolaborasi di ShopeePay 11.11 Big Deals

Selain itu, hadir juga dua pebisnis inspiratif dari latar industri yang berbeda, yaitu Co-Founder Kopi Soe Sylvia Surya dan CEO & Co-Founder Dear Me Beauty Nikita Wiradiputri, membagikan kisah seru dalam menjalankan strategi kolaborasi dengan brand lain dan melahirkan berbagai produk unik yang menarik perhatian masyarakat.

Seperti Dear Me Beauty yang pernah mengeluarkan produk make up dan skincare unik bersama pemain dari industri lain, mulai dari brand fried chicken populer, penyedap rasa, hingga permen.

Nikita Wiradiputri, CEO & Co-Founder Dear Me Beauty mengungkapkan,kolaborasi antarbisnis memang memiliki daya pikatnya tersendiri. Sebagai brand dia merasa perlu untuk mengeksplorasi dan bereksperimen menciptakan inovasi atau produk baru.

“Dear Me Beauty sebagai people power brand selalu berusaha untuk mendobrak batas industri kecantikan dengan menyuguhkan kombinasi produk berkualitas serta pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumen. Untuk mencapai hal tersebut, kami berupaya untuk melibatkan konsumen dalam tiap proses kreasi produk kolaborasi agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Sebab, kami memahami bahwa strategi ini bukan semata-mata untuk kebutuhan bisnis, tapi bagaimana kolaborasi bisa membawa hal baru dan di saat yang bersamaan juga menjawab kebutuhan konsumen,” ungkapnya.

Baca juga :   Otomatisasi Dan Teknologi Bantu Produktivitas UKM

Demikian juga halnya dengan Kopi Soe yang notabene dari kategori F&B pun selalu hadir dengan produk kolaborasi yang segar dan tidak kalah unik, seperti kolaborasi dengan produk pakaian, snack, serta produk minuman lain.

“Kopi Soe berupaya untuk senantiasa hadir sebagai brand dengan citra lokal yang kental. Berangkat dari situ, kolaborasi yang kami lakukan cenderung melibatkan partner dengan value yang serupa, meski datang dari latar belakang dan industri yang berbeda,” ungkap Sylvia Surya, Co-Founder Kopi Soe.

Menurut dia, pemilihan mitra kolaborasi yang tepat memudahkan Kopi Soe dalam menyusun strategi co-branding dan memperhitungkan dampak dari kolaborasi itu sendiri.

“Dalam menghimpun informasi tersebut, tentunya kami melakukan riset dan observasi yang komprehensif menyangkut tren, demografis konsumen, hingga nilai dan karakter yang dibawakan oleh calon partner. Hal tersebut membuat kami mampu menjalankan kolaborasi yang apik namun tetap fleksibel dari segi proses kreatif,” kata Sylvia.

Baca juga :   Hrta.Store Platform Untuk Pembelian Emas Digital

Sementara itu Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, dalam lanskap industri saat ini, bisnis dihadapkan pada kesempatan yang tak terbatas untuk berinovasi dengan cara yang kreatif dan unik, salah satunya adalah strategi kolaborasi atau yang dikenal sebagai co-branding.

“Terlepas dari ragam manfaat yang bisa didapatkan dari strategi kolaborasi, ShopeePay menyadari bahwa strategi ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi brand yang belum pernah menerapkannya. Semoga melalui kisah inspiratif dan insight seputar strategi co-branding bersama pembicara hari ini, dapat memberikan jawaban bagi para pebisnis dalam mengusung strategi kolaborasi, memberikan gambaran dan ekspektasi terkait strategi ini, serta menjawab tantangan yang dihadapi dari strategi kolaborasi,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: CEO & Co-Founder Dear Me Beauty Nikita WiradiputriCo-Founder Kopi Soe Sylvia SuryaFounder & CEO Haloka Group Stephanie ReginaKOLAborasiShopeePay Talkstrategi co-branding
Previous Post

Industri Pariwisata Bergairah, OTA Ini Gelar Program Diskon Besar Bagi Pengguna

Next Post

Menanti Peran Nyata Generasi Muda Bagi Perubahan Positif di Masyarakat dan Lingkungan

Related Posts

BNC x Lakuemas
News

Bank Neo Commerce Gandeng Lakuemas Hadirkan Fitur Investasi Emas Digital

24 Juni 2022
0
Resso Coaching Clinic
News

Dukung Musisi Muda Independen Berbakat, Resso Kembali Gelar Coaching Clinic

24 Juni 2022
0
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah
News

Kembangkan Potensi Talenta Muda, Kemnaker RI Kenalkan Program Digital

24 Juni 2022
0
Load More
Next Post
DBS AIC Sesi 4

Menanti Peran Nyata Generasi Muda Bagi Perubahan Positif di Masyarakat dan Lingkungan

Garuda EV-22

Garuda EV-22, Mobil Balap Listrik Berdesain Formula One

Waroeng Imaji x BINUS

Waroeng Imaji dan BINUS University Berkolaborasi Bikin Dongeng Animasi

Discussion about this post

Berita Terbaru

BNC x Lakuemas

Bank Neo Commerce Gandeng Lakuemas Hadirkan Fitur Investasi Emas Digital

24 Juni 2022
0
Resso Coaching Clinic

Dukung Musisi Muda Independen Berbakat, Resso Kembali Gelar Coaching Clinic

24 Juni 2022
0
DELOS

Dapat Suntikan Dana Segar, Startup Delos Kembangkan Software Manajemen Tambak Udang

24 Juni 2022
0
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah

Kembangkan Potensi Talenta Muda, Kemnaker RI Kenalkan Program Digital

24 Juni 2022
0
ESDM x Energy Transitions Innovation Challenge

Kementerian ESDM Gelar Energy Transitions Innovation Challenge

24 Juni 2022
0
Mobil Formula UGM Bimasakti

Mobil Formula Rancangan Tim Bimasakti UGM Siap Berkompetisi di FSN Belanda

24 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version