Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tingkatkan Penetrasi Internet, Kemenkominfo Gelar Pekan Literasi Digital di NTT

11 Mei 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
penetrasi internet

Tingkatkan Penetrasi Internet, Kemenkominfo Gelar Pekan Literasi Digital di NTT (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan bagi mayoritas masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi warga Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menghadirkan Pekan Literasi Digital untuk masyarakat di Nusa Tenggara Timur melalui kampanye #MakinCakapDigital.

Workshop sehari yang mengusung tema “Literasi Digital Untuk Mendukung Transformasi Digital” tersebut, diselenggarakan secara tatap muka pada tanggal 9 Mei 2023 di Graha Ristela, Kabupaten Ende, NTT.

Selain bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan tingkat penetrasi internet di Tanah Air.

Suprianto, PLT Kadis Kemenkominfo Kab. Ende mengatakan, pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai sekitar 73,3% dari total penduduk Indonesia. Namun, masih banyak pengguna media sosial yang terpapar isu SARA, hoax, dan menjadi korban tindak kejahatan karena masyarakat hanya tahu cara menggunakan media sosial tanpa memahami akibatnya.

Baca juga :   Tingkatkan Literasi Digital di Seluruh Indonesia, 4 Tim Jadi JaWAra Internet Sehat

“Karenanya, Pekan Literasi Digital ini penting untuk meningkatkan wawasan digital masyarakat Ende,” kata Suprianto, dikutip Kamis (11/5/2023).

Seiring meningkatnya penetrasi internet, kemampuan masyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital terus membaik setiap tahunnya. Indeks Literasi Digital tahun 2022 yang dirilis Kemenkominfo awal tahun lalu menyebutkan bahwa Indonesia berada di level 3,54 poin dari skala 1-5 atau berada pada level sedang. Indeks tersebut meningkat 0,05 poin dibanding 2021 yang masih berada di level 3,49. Indeks literasi digital tersebut diukur melalui empat pilar indikator besar, yakni Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety, dan Digital Culture.

Kegiatan literasi digital yang dilakukan Kemkominfo turut mengikis selisih masyarakat yang “melek digital” di perkotaan (urban) dan pedesaan (rural). Berdasarkan survei Status Literasi Digital Indonesia 2021 yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) dengan Kemkominfo, responden di daerah perkotaan yang memiliki indeks literasi digital tinggi sebesar 52,5%. Sementara di pedesaan, porsi masyarakat dengan tingkat literasi digital tinggi sekitar 49,8%. Selisih yang tipis antara keduanya menunjukkan semakin merata perkembangan daya saing digital di Indonesia.

Baca juga :   OLX Gunakan 200 Tracker Hingga Akhir 2016

“Masa depan yang kita ingingkan adalah perspektif dan aksi dari warga lokal. Oleh karena itu, perlu adanya kolaborasi antara kampus dan kampung yang langkahnya milenial, dengan pemanfaatan teknologi yang tepat. Digitalisasi desa yang dibutuhkan lebih kepada digitalisasi produk dan potensi desa,” kata Fernando Watu, Kepada Desa Detusoko Barat, Kabupaten Ende, NTT.

Salah satu aspek penting dalam digitalisasi desa yaitu peran UMKM dalam perekonomian desa. UMKM yang didukung oleh teknologi yang tepat dapat meningkatkan daya saing produk-produk pengusaha desa tersebut.

“Digitalisasi UMKM menjadi suatu kebutuhan sekaligus menjadi salah satu solusi sarana penjualan bagi pelaku UMKM di Indonesia karena tidak ada batasan pendidikan, usia, fisik, daerah, dan lainnya,” ungkap Ferdianus Rega, Penggiat UMKM, Founder Istana Sehat.

Baca juga :   Twitter Bantu Pemerintah Tingkatkan Literasi Digital

Pemerataan daya saing digital hingga pelosok nusantara didukung berbagai inisiatif pengembangan, seperti melalui akselerasi infrastruktur TIK, daya saing talenta digital, dan literasi keuangan.

 

HENNI S.

Tags: digitalisasi desaliterasi digitalpenetrasi internet
Previous Post

Konsumen Digital Indonesia Lebih Memilih Berbelanja di Aplikasi Media Sosial

Next Post

Sampoerna University Ajak Generasi Muda Ciptakan Solusi Inovatif

Related Posts

Teman Pintar Jaring 2.640 Pelajar & UMKM di Empat Kota Belajar Literasi Digital
News

Teman Pintar Jaring 2.640 Pelajar & UMKM di Empat Kota Belajar Literasi Digital

9 Agustus 2025
0
Internet BAIK Tingkatkan Literasi Digital ke Lebih dari 1.000 Pelajar dan Guru di Indonesia
Headline

Internet BAIK Tingkatkan Literasi Digital ke Lebih dari 1.000 Pelajar dan Guru di Indonesia

8 Mei 2024
0
Pentingnya Literasi Digital di Era Perkembangan AI
Headline

Pentingnya Literasi Digital di Era Perkembangan AI

21 April 2024
0
Load More
Next Post
FUTURISME Winners

Sampoerna University Ajak Generasi Muda Ciptakan Solusi Inovatif

Penyandang Disabilitas

Dukung Inklusivitas Digital, TelkomGroup Bekali Pelatihan TIK Bagi Penyandang Disabilitas

Cleo x Xurya

Terapkan Prinsip ESG, Cleo Gandeng Xurya untuk Pemasangan PLTS Atap

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version