youngster.id - Meski sejumlah sektor industri mengalami penurunan bisnis selama masa pandemi Covid-19, industri home and living tetap bertahan. Bahkan selama kuartal I 2021, kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibanding kuartal I 2020.
“Bantal tidur, alat pel lantai serta peralatan dapur seperti set pisau dan timbangan dapur menjadi beberapa produk paling dicari,” ungkap Rizki Widyastuti Strategic Initiatives Senior Lead (Home and Living, Mom and Baby Category) Tokopedia diacara meet up virtual bertajuk Digitalisasi UMKM Senin (31/5/2021).
“Untuk itu, kebutuhan tinggi masyarakat akan kategori tersebut mendorong Tokopedia terus menggandeng para pegiat usaha termasuk UMKM lokal yang menjual produk rumah tangga, dapur, furnitur hingga pertukangan melalui berbagai inisiatif. Salah satunya kampanye Home Living SALEbrations Mid-Year Sale selama Juni 2021,” tambahnya.
Home Living SALEbrations menjadi salah satu panggung bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal seperti Sleep Buddy Bedding dan Dekornata, untuk terus beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi seperti Tokopedia.
Pada kesempatan yang sama, Indah Catur Agustin CEO Sleep Buddy mengatakan, setelah mengawali bisnis sebagai reseller. Ia akhirnya memutuskan untuk mendirikan Sleep Buddy Bedding pada 2009 yang menjual beragam produk seprai berkualitas dengan harga terjangkau. Indah mulai memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia pada 2017.
“Kini 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Transaksi di toko kami juga naik hampir 20x lipat pada Q1 2021 dibanding Q1 2020. Omzet di Tokopedia bisa mencapai lebih dari Rp900 juta,” terang Indah.
“Dimasa pandemi ini justru membuat bisnis kami meningkat dan saya bersyukur mampu memberdayakan sebanyak 55 penjahit dari Purwantoro dan Wonogiri yang tadinya hanya berawal 2 sampai 3 penjahit,” imbuhnya.
Walau pandemi sempat menerpa semangatnya, Indah cepat bangkit untuk tetap fokus ke usahanya. Misal dengan berkolaborasi bersama influencer dan mengikut berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Home Living SALEbrations. “Lewat Tokopedia, nama Sleep Buddy Bedding sekarang bisa dikenal masyarakat di luar Surabaya,” katanya.
Senada dengan Indah, Giovanno Warli, CEolO Dekornata, mengatakan usaha dengan nama Dekornata yang didirikan di tahun 2018 itu merupakan bisnis lokal yang berkolaborasi dengan pengrajin dari Jawa hingga Kalimantan untuk menjual berbagai produk olahan kayu, mebel dan dekorasi rumah.
“Semua produk kami asli buatan pengrajin Indonesia dan hanya menggunakan kayu yang didapatkan secara legal dan ramah lingkungan,” ungkapnya.
Setelah bergabung dengan Tokopedia pada Juni 2018, penjualan Dekornata terus mengalami peningkatan. “Bahkan selama pandemi, omzet kami pun melonjak hingga 3x lipat,” tambah Giovanno.
Giovanno juga membagikan beberapa strategi yang kerap ia lakukan demi meningkatkan penjualan meski di tengah pandemi.
“Selain aktif mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, kami juga rutin berinovasi produk, seperti peralatan makan, pot tanaman hias hingga parsel Ramadan. Juga berinovasi memanfaatkan teknologi AR agar pembeli bisa ‘mencoba’ produk Dekornata tanpa harus keluar rumah,” pungkasnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post