youngster.id - Tokopedia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama memasarkan produk hasil karya usaha kecil menengah (UKM) dari Jakarta.
Saat ini, terhitung 9.793.761 produk dari pedagang yang berasal dari DKI dipasarkan di situs e-commerce Tokopedia.
CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, angka ini meningkat dari data lima tahun lalu saat UMKM belum melakukan penjualan secara online. Selain membantu penjualan hasil produksi UMKM, Tokopedia juga akan membantu pemodalan dan infrastruktur dari hulu ke hilir. “Jadi semuanya memiliki daya saing yang sama,” ungkap William dalam siaran pers peresmian kerja sama tersebut, Sabtu (6/5/2017) di Balai Kota Jakarta.
Menurt William, ppen government yang diterapkan oleh pemprov DKI juga akan dimanfaatkan Tokopedia untuk menganalisa produk-produk asal Jakarta yang diminati oleh pembeli. Tujuannya, mendorong sektor industri kecil dan mengurangi ketergantungan pada produk impor.
Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai, kerja sama online ini sebagai penolong untuk menstabilkan harga sembako. Karena, menurutnya, dengan penjualan online, sembako dapat terdistribusi secara merata.
“Contohnya seperti operasi pasar, Pemprov sudah berhasil menstabilkan harga besar karena pendistribusian yang merata,” ujar Basuki.
Sejalan dengan keinginan Tokopedia untuk menuju cashless society dan smart city yang berbasis data, Ahok menyebut, hal ini dapat membantu memonitor subsidi pemerintah atau pemanfaatan data dari transaksi jual beli online dalam pengambilan kebijakan yang tepat sasaran.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post