youngster.id - Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya membantu pelaku usaha di Indonesia–termasuk anak muda–memulai dan membangun bisnis di era digital lewat pemanfaatan teknologi, demi bersama-sama berkontribusi terhadap perekonomian tanah air. Untuk makin mendorong kemajuan pelaku usaha muda di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan Creator Lab.
Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan mengatakan, di era digital, affiliate creator bisa menjadi sebuah profesi berpenghasilan sekaligus menambah lapangan pekerjaan. Di tengah persaingan yang makin ketat, pelaku bisnis termasuk UMKM, perlu melakukan berbagai cara promosi dan pemasaran, salah satunya melibatkan affiliate creator.
“Kolaborasi UMKM dan affiliate creator akan menguntungkan semua pihak. UMKM bisa meningkatkan penjualan sedangkan affiliate creator dapat memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, kami menghadirkan inisiatif Creators Lab,” kata Aditia, dikutip Selasa (29/10/2024).
Menurut dia, untuk makin mendorong kemajuan pelaku usaha muda di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia mencetak sebanyak-banyaknya kreator muda profesional lewat Creators Lab. Kreator muda profesional diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan dengan menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia.
“Melalui ini Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis dapat membantu pelaku usaha muda mendapatkan panggung lebih luas sehingga produk mereka makin diminati masyarakat,” ujarnya.
Creators Lab diluncurkan Juli 2024 di Surabaya, Jawa Timur, bersama Surabaya Next Leader. Pada bulan September 2024, Creators Lab dilakukan di Tegal, Jawa Tengah, bersama BNI. Program Creators Lab memberikan pemahaman utuh mengenai prinsip afiliasi dan strategi pemasaran di platform digital kepada generasi muda untuk membantu pemasaran produk UMKM lewat kreativitas konten. Creators Lab terdiri dari sejumlah modul, seperti Afiliasi dan Personal Branding,Perancangan Skrip Video, Strategi Konten dan Persiapan Live Streaming, serta Evaluasi Performa Konten.
“Hingga kini, kami telah memberikan pelatihan kepada ratusan generasi muda untuk menjadi affiliate creator yang andal. Sejalan dengan semangat gotong royong Sumpah Pemuda, Tokopedia dan ShopTokopedia, bersama para mitra strategis, akan terus berupaya menghadirkan Creators Lab di berbagai wilayah lain di Indonesia,” kata Aditia lagi.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga mengapresiasi affiliate creator muda yang konsisten memberdayakan masyarakat lewat konten edukatif, sekaligus membantu pelaku usaha memperluas pasar dan memasarkan produk. Salah satunya, Ravenna Ravika (Vika). Vika merupakan PCOS survivor, sekaligus ibu satu anak, yang fokus mengedukasi komunitas mengenai kesehatan reproduksi lewat konten di media sosial. Vika juga mempromosikan produk dari para pelaku usaha untuk menjaga kesehatan reproduksi.
Dengan menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia, Vika mengaku memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga dan bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan melebihi saat bekerja sebagai karyawan.
“Melalui konten yang informatif, edukatif dan berasal dari pengalaman pribadi, saya berharap dapat memberikan manfaat bagi followers yang memiliki riwayat kesehatan serupa dengan pendekatan yang personal. Di sisi lain, agar isi setiap konten akurat, saya juga selalu mengambil referensi dari jurnal kesehatan terpercaya atau berkolaborasi dengan dokter,” ungkapnya.
Vika saat ini memiliki 101.200 followers, dan sekitar 70% produk yang ia promosikan adalah produk dari brand lokal salah satunya adalah teh herbal, Sehatku Herbalku. Melalui konten-konten edukatif mengenai kesehatan, Vika telah membantu audiens yang memiliki riwayat medis serupa untuk hidup lebih sehat.
STEVY WIDIA