Jumat, 31 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Layanan Hibrid AI dan Manusia Akan Jadi Tren dalam Customer Experience

23 September 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Exotel

Shivakumar Ganesan, Co-Founder dan CEO Exotel mengatakan, ada tiga keberlanjutan konsep masa depan CX yang akan membantu perusahaan global umumnya dan khususnya di Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Interaksi campuran antara manusia dengan kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI) akan jadi tren dalam memuaskan pengalaman kustomer (customer experience/CX).

Tren tersebut kian nyata terlihat pada pasar Indonesia, ditambah dengan fenomena kenaikan ekonomi digital Tanah Air saat ini.

Shivakumar Ganesan, CEO & Co-Founder Exotel mengatakan, percakapan beserta konteksnya memiliki ruang tersendiri saat dihantarkan melalui sumber daya manusia maupun bot berbasis AI.

“AI tidak selalu bisa menjawab keinginan spesifik kustomer namun ini tengah jadi tren global, tapi layanan oleh manusia juga tetap ada keterbatasan. Karenanya, layanan campuran keduanya akan menjadi tren dalam CX ke depannya,” katanya dalam “NXT CX Bash: An Evening for CX Leader” di Jakarta, Rabu (21/9/2022) sore.

Menurut dia, interaksi keduanya juga memungkinkan layanan favorit kustomer yakni layanan chat berbasis bot AI dan suara menjadi lini terdepan dalam memenuhi ekspektasi publik. Di sisi lain, dengan tarif kompetitif dan sesuai pasar Indonesia, maka layanan interaksi campuran tersebut sangat efektif dan efisien.

Baca juga :   Melalui Jaringan Kemitraan Pentahelix, ITDRI Terus Genjot Angka Talenta Digital Indonesia

“Kami memiliki klien di Indonesia yang berhasil menurunkan biaya 30% tanpa ada kerugian bagi perusahaan dari kombinasi layanan voice dan chat AI tersebut,” katanya.

Situasi itu terjadi karena AI mampu memastikan seluruh informasi selalu tersedia kepada masyarakat, sehingga dalam waktu yang sama mengurangi gaji yang biasanya diberikan kepada petugas call center yg dilaksanakan manusia.

Secara simultan, layanan CX dari Exotel tersebut juga sudah dilengkapi layanan berbasis Bahasa Indonesia yang diklaimnya kian hari kian akurat. Bahkan akan makin mendekati akurasi layanan mereka dalam Bahasa Inggris.

Selain campuran layanan tersebut, salah satu layanan favorit kliennya di Indonesia yakni number masking, yang selain sesuai tren kebutuhan publik, juga telah memenuhi standar internasional serta regulasi Indonesia. Seperti keberadaan server dan teknisi lokal yang menjaga kedaulatan data seperti diatur Pemerintah Indonesia.

Baca juga :   Digitalisasi Penyaluran Bantuan Usaha Warung Binaannya, BAZNAS Gandeng Warung Pintar

“Bagi kami Indonesia spesial dan punya relasi erat karena ini pasar terbesar kedua di dunia bagi Exotel. Ini first tier kami.  Exotel sudah lebih dari 5 tahun beroperasi di sini, dan tidak seperti kompetitor lainnya, kami sangat memahami konteks, budaya, dan keinginan kustomer Indonesia sangat baik karena banyak kesamaan dengan kondisi kami di India,” katanya.

Raman Kishore, Head of International Marketing Exotel, menambahkan, perusahaan platform full stack interaksi kustomer asal India ini akan membuka kantor perwakilan Asia Tenggara di Jakarta dalam beberapa bulan ke depan. Kantor ini kelak akan membawahi negara lainnya di Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, dan lainnya.

Shivakumar melanjutkan, kesamaan latar tersebut termasuk dalam digital journey pasca pandemi, yang mana pertumbuhan pesat ekonomi digital dan CX terjadi justru setelah pandemi menerjang masing-masing negara.

Baca juga :   Indonesia Jadi Pasar Prioritas Pengembangan Platform Customer Experience

Dicontohkannya, aplikasi WA kian vital dalam memenuhi kepuasaan atas CX karena data menunjukkan 94% aplikasi percakapan yang digunakan adalah WA. Karena itu, saluran CX yang optimal pun cenderung menggunakan WA dibandingkan aplikasi seperti email.

Sri Safitri, CX Leader of The Year 2021 mengatakan, CX akan mendukung sisi pemasaran dan layanan ke publik jika mampu memahami subtansi layanan yakni menitikberatkan perbaikan masalah dengan memahami  perilaku pelanggan berdasarkan data, yang akan menjadikan perusahaan memiliki budaya customer centric.

“Indonesia harus mengejar ketertinggalan dalam pengeolaan CX dibandingkan negara seperti UAE, Saudi Arabia bahkan Afrika Selatan. Di sisi lain, serangan siber Bjorka juga telah meningkatkan kesadaran kita bukan sekedar CX, tapi juga pentingnya menjaga keseimbangan dengan keamanan dan perlindungan data dalam komputansi awan,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Tags: Artificial Intellegence (AI)customer experienceExotel
Previous Post

Aktivitas Gaming Meningkat, Belanja Iklan Mobile Game di Indonesia Melonjak Dua Kali Lipat

Next Post

Firmus TAS, Solusi Inovatif Bagi Pabrikan Untuk Mendongkrak Penjualan

Related Posts

Gerai Blibli Hello
Headline

Blibli Perkuat Omnichannel Dengan Hadirkan Gerai Offline Hello

31 Maret 2023
0
Kompetisi L’Oréal Brandstorm 2023 Tantang Generasi Muda Pecahkan Kode Baru Dunia Kecantikan
Headline

Kompetisi L’Oréal Brandstorm 2023 Tantang Generasi Muda Pecahkan Kode Baru Dunia Kecantikan

30 Maret 2023
0
Startup
Headline

Startup Berkontribusi Dorong Perkembangan Pesat Ekonomi Digital di Indonesia

30 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Firmus TAS

Firmus TAS, Solusi Inovatif Bagi Pabrikan Untuk Mendongkrak Penjualan

Fajrin x BATIC2022

Transformasi Digital di Indonesia Butuhkan Banyak Talenta

DSC 2022

Peserta DSC 2022 Didominasi Anak Muda

Discussion about this post

Berita Terbaru

JULO Adrianus Hitijahubessy

Julo Konversikan Transaksi Pengguna Jadi Donasi

31 Maret 2023
0
Climate Tech Hub

Climate Tech Hub, Pusat Jaringan Kolaborasi Untuk Inovasi Iklim

31 Maret 2023
0
Gerai Blibli Hello

Blibli Perkuat Omnichannel Dengan Hadirkan Gerai Offline Hello

31 Maret 2023
0
Lalamove

Lalamove Prediksi Saat Ramadan Permintaan Pengiriman Bisnis Katering Meningkat 2 Kali Lipat

30 Maret 2023
0
Kompetisi L’Oréal Brandstorm 2023 Tantang Generasi Muda Pecahkan Kode Baru Dunia Kecantikan

Kompetisi L’Oréal Brandstorm 2023 Tantang Generasi Muda Pecahkan Kode Baru Dunia Kecantikan

30 Maret 2023
0
PLTS Atap Xurya di Tamora Squar

Startup Energi Xurya Bidik Lebih Banyak Industri Di Luar Pulau Jawa Pasang PLTS Atap

30 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version