Selasa, 7 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Oolean, Kolaborasi Telkom, Agate dan Melon Majukan Industri Game Indonesia

11 Juli 2019
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
Oolean, Kolaborasi Telkom, Agate dan Melon Majukan Industri Game Indonesia

Ki-Ka: CEO Agate Arief Widhiyasa, EVP Media & Digital Business Telkom Joddy Hernady dan CEO Melon Dedi Suherman. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menurut laporan GMGC Sea Mobile Report 2017, terjadi kenaikan besaran pasar yang signifikan pada sektor game di Indonesia. Sayangnya, meski Indonesia tumbuh menjadi pasar yang besar, dari data Asosiasi Game Indonesia (AGI), hanya 8% pendapatan game yang beredar di Indonesia yang masuk ke perusahaan Indonesia.

Padahal menurut Newzoo, besarnya pasar Indonesia pada tahun 2017 sudah mencapai US$879.7 juta dan diprediksi akan mencapai US$1 miliar pada tahun 2019. Tetapi hanya sekitar 0.4% yang merupakan produk dalam negeri.

Berdasarkan data tersebut, Melon dan Agate melihat peluang untuk mengembangkan industri game di Indonesia melalui kerja sama strategis untuk melahirkan program Oolean.

“Kami dari Melon melihat fenomena kekalahan perusahaan lokal dalam persaingan pasar, sementara potensi pasarnya sangat tinggi. Didasari oleh hal tersebut, kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang hiburan digital merasa perlu untuk membantu agar perusahaan gim lokal dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri dalam waktu 5 tahun ke depan, dibantu perusahaan game lokal seperti Agate,” ucap Dedi Suherman, President Director & CEO PT Melon Indonesia pada Rabu (10/7/2019) di Cohive 101 Jakarta.

Baca juga :   Habiskan Lebih Rp100 Miliar, Agate Luncurkan Gim Looter-Shooter RIFSTORM

Hal senada juga diungkapkan oleh Joddy Hernady (SVP Media & Digital Business and EGM Digital Business PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk). Menurut dia, Telkom yang telah bertransformasi menjadi perusahaan digital melihat potensi dari industri game.

“Telkom melihat potensi pasar dari industri game dan tidak ingin Indonesia hanya jadi pasar. Karena itu Telkom ingin berperan aktif terutama dalam memajukan industri kreatif. Setelah musik, film, video kini kami ingin berperan memajukan insutri game lewat Oolean,” ucap Joddy.

Sementara itu, Arief Widhiyasa, CEO Agat menjelaskan, potensi pendapatan game di Indonesia sangat besar. Tetapi hanya 8% yang masuk ke perusahaan Indonesia, yaitu 0.4% untuk gim karya developer Indonesia, sementara sisanya, 7.6%, ke publisher Indonesia yang mempublikasikan gim karya developer asing. Hal ini terkendala dari kurangnya investasi, perusahaan game dan talenta.

Baca juga :   Telkom Pastikan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital

“Untuk itu, Oolean dibentuk dengan tujuan membangun ekosistem gim yang memadai di Indonesia, antara lain mengembangkan market share dan pertumbuhan developer game lokal Indonesia,” kata Arief.

Menurut dia, kontribusi Agate dalam kerja sama strategis ini adalah mengembangkan game, publishing gim, pengembangan teknologi, serta membantu pembentukan dan berjalannya inkubator yang dibutuhkan untuk mengembangkan market share perusahaan game lokal.

“Hingga saat ini, kami telah meluncurkan tiga gim casual yaitu Onet Asli, Botol Ngegas, dan Teka Teki Santai,” ujar Arief di kesempatan yang sama.

Melalui Oolean, kerja sama antara Melon dan Agate akan melingkupi pengembangan platform gim untuk user, pembuatan properti intelektual orisinil yang fokus memproduksi game Iokal, bekerja sama dengan pengembang lokal lainnya untuk membuat gim yang bisa mendunia, serta mengembangkan platform untuk mendistribusikan game dari perusahaan lokal maupun linternasional yang dirancang dan dibangun oleh Melon.

Baca juga :   Dukungan Agate pada Lingkungan Kerja Ramah Perempuan di Industri Game Indonesia

Tidak berhenti sampai disini, kerjasama antara Melon dan Agate juga akan mengembangkan ekosistem pengembangan game lokal Iewat inkubator, institusi pendidikan dan komunitas pengembangan game game.

“Kami berharap melalui kerjasama Oolean ini maka industri game tanah air akan dapat berkembang pesat dan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Arief penuh harap.

STEVY WIDIA

Tags: Agatekolaborasi TelkomMelon
Previous Post

JUUL Labs Tawarkan Produk Alternatif Bagi Perokok

Next Post

Tokopedia Catatkan 200 Ribu Mitra

Related Posts

Agate - RIFTSTORM
Headline

Habiskan Lebih Rp100 Miliar, Agate Luncurkan Gim Looter-Shooter RIFSTORM

11 Juni 2025
0
Agate x Red Dunes Games
Headline

Co-Development Agate dan Red Dunes Games Hadirkan Game Action RPG Blades of Mirage

23 November 2024
0
Agate
Headline

Agate Kembangkan Game Terbaru, Akarmaut: Rootmare

18 Agustus 2024
0
Load More
Next Post
Tokopedia Raih GMV Rp18,5T Sepanjang Mei 2019

Tokopedia Catatkan 200 Ribu Mitra

Ruangguru Telah Bantu 15 Juta Pelajar di Indonesia

Qualcomm Snapdragon 855  Bikin Performa Main Game Meningkat

Qualcomm Hadirkan Platform Baru untuk Perkuat Performa Mobile

Discussion about this post

Recent Updates

Gambar Dibuat AI

Mayoritas Orang Indonesia Nyman dengan Gambar Dibuat AI

6 Oktober 2025
AnyMind Group

AnyMind Group: Konten Video Pendek Jadi Strategi Utama Membangun Kesadaran Merek

6 Oktober 2025
Dicoding Gandeng IBM Gelar Program Keterampilan AI Bagi Siswa Vokasi

Dicoding Gandeng IBM Gelar Program Keterampilan AI Bagi Siswa Vokasi

6 Oktober 2025
cybercrime

Ada 2.915 Perhari Potensi Serangan Eksploitasi Siber Terhadap Bisnis di Indonesia

6 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Gambar Dibuat AI

Mayoritas Orang Indonesia Nyman dengan Gambar Dibuat AI

6 Oktober 2025
AnyMind Group

AnyMind Group: Konten Video Pendek Jadi Strategi Utama Membangun Kesadaran Merek

6 Oktober 2025
Dicoding Gandeng IBM Gelar Program Keterampilan AI Bagi Siswa Vokasi

Dicoding Gandeng IBM Gelar Program Keterampilan AI Bagi Siswa Vokasi

6 Oktober 2025
cybercrime

Ada 2.915 Perhari Potensi Serangan Eksploitasi Siber Terhadap Bisnis di Indonesia

6 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version