Selasa, 28 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Orang Indonesia Jadikan Aktivitas Digital Sebagai Bagian Gaya Hidup

22 Februari 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Mendikbud Nadiem Minta Google Prioritaskan Indonesia

Gelar Google for Indonesia 2019. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Laporan terbaru Google menunjukkan telah terjadi pergeseran perilaku konsumen dari masyarakat Indonesia selama Pandemi Covid-19. Mereka semakin mengadopsi aktivitas digital, dalam berbagai hal. Hal ini juga mendorong masyarakat semakin peduli akan keamanan online dan kelestarian lingkungan.

Hal ini terungkap dalam Year in Search 2021: Look back to move your business forward. Laporan ini merupakan edisi keempat dari panduan lengkap tentang tren konsumen, baik yang diamati di masyarakat luas maupun melalui lensa spesifik industri ini. Laporan ini juga mengungkapkan lima tema terbesar lanskap konsumen di tahun 2021  serta analisis mendalam terhadap enam industri utama.

Head of Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra mengungkapkan, orang Indonesia tidak hanya membuka Google Search untuk mencari ide dan inspirasi, tetapi juga untuk memahami perubahan dan tantangan yang dihadirkan oleh pandemi.

“2021 adalah tahun untuk beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi dan untuk mengevaluasi kembali apa yang penting bagi kita sebagai individu dan sebagai penghuni Bumi,” jelas Yolanda dalam jumpa pers, Selasa (22/2/2022).

Baca juga :   Finalis Google Indonesia Games Contest 2017

Disusun berdasarkan data Google Trends (Agustus 2020-Agustus 2021), eConomy 2021, dan Google Destination Insights (November 2020-Oktober 2021), laporan ini menunjukkan beberapa tren besar. Yolanda menjelaskan, tren pertama, orang Indonesia mengandalkan platform online untuk mencari dan membeli saat ingin berbelanja, bahkan saat tempat-tempat offline mulai buka kembali. Penelusuran “seller center” (pusat penjual) meningkat 69% dan “belanja cepat” 46%.

Tren kedua, orang Indonesia mencoba memaksimalkan pendapatan dengan berbagai cara baru sambil berusaha menghemat uang. Ini ditunjukkan dengan peningkatan penelusuran “saham pemula” yang sebesar 128%, serta kenaikan minat penelusuran untuk “kemasan ekonomis” yang sebesar 56%.

Selain itu, orang Indonesia ingin tahu apakah mereka berhubungan dengan brand yang menganggap penting praktik yang etis dan berkelanjutan. Penelusuran “cruelty-free” (bebas uji coba hewan) naik 65%, “carbon footprint” (jejak karbon) meningkat 114%, sedangkan “ramah lingkungan” meningkat 114%.

Baca juga :   Hadaphy, Hand Sanitizer dari Alang-Alang 100% Bebas Alkohol

Keamanan online juga menjadi kekhawatiran yang bertambah besar, dengan kenaikan penelusuran “kebocoran data” sebesar 33% dan “berita bohong” sebesar 52%.

Selain itu, laporan juga menunjukkan bagaimana sejumlah sektor utama mengalami perubahan dalam periode satu tahun yang sama dari Agustus 2020-Agustus 2021. Seperti pada industri perawatan kecantikan, orang Indonesia ingin tahu tentang jenis produk baru, dengan minat penelusuran naik 133% untuk “ceramides” dan lebih dari 30 kali lipat untuk “bakuchiol”. Bahkan perawatan pria juga mengalami peningkatan penelusuran untuk “serum pria” sebesar 57% dan “facial wash men” (sabun muka pria) sebesar 62%.

Untuk industri Keuangan, makin banyak orang Indonesia berusaha menambah pengetahuan keuangan mereka untuk menyiapkan masa depan, dengan kenaikan penelusuran “belajar investasi” sebesar 83% dan “aplikasi investasi” sebesar 70%.

Baca juga :   UKM Indonesia Belum Kenal Strategi Pemasaran Online

Sementara industri Makanan dan Minuman, penelusuran makanan “plant-based” yang naik 233% dan “susu rendah lemak” yang naik 69%. Sedang untuk media dan hiburan, game kian digemari, dengan peningkatan penelusuran “mabar online” sebesar 70%, “walkthrough video game” sebesar 30%, dan topik terkait kompetisi e-sport sebesar 200%.

Untuk teknologi, ulasan online bertambah populer, dengan peningkatan penelusuran “rekomendasi hp” sebesar 38% dan “rekomendasi elektronik” sebesar 78%. Selain itu, dari segi transportasi dan perjalanan, konsumen di Indonesia menjadi lebih sadar akan pentingnya mengurangi emisi, dengan peningkatan penelusuran “electric car” (mobil listrik) sebesar 54%, “emisi mobil” sebesar 85%, dan “kendaraan ramah lingkungan” sebesar 230%.

Yolanda menegaskan, laporan dari Google ini akan dapat membantu Brand dan pemasar mengidentifikasi dan memprediksi pergeseran utama perilaku konsumen.

 

STEVY WIDIA

Tags: Google Indonesiaperilaku konsumenYear in Search 2021: Look back to move your business forward
Previous Post

Peroleh Pendanaan Ekuitas lebih dari US$500 Juta, PDG Perkuat Kehadirannya di Indonesia

Next Post

Permudah Pelaku Usaha Membeli Stok Barang, Youtap Perkenalkan Fitur Belanja Stok

Related Posts

Youtube Short kampanye #SambilCuan
Headline

YouTube Ajak Anak Muda Manfaatkan Fitur YouTube Shorts Untuk Meraih Peluang Bisnis

28 Juni 2022
0
Sanjung Sari Pursie
Creativepreneur

Sanjung Sari Pursie : Dari Hobi Jadi Bisnis Berkelanjutan

28 Juni 2022
0
Fresh Factory
Headline

Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$4,5 Juta

28 Juni 2022
0
Load More
Next Post
Belanja Stok Youtap

Permudah Pelaku Usaha Membeli Stok Barang, Youtap Perkenalkan Fitur Belanja Stok

Co-founders Fore Coffee

Tahun 2022, Strategi Startup Fore Coffee Akselerasi Ekspansi Gerai dan Menu

Skintella

Tim Mahasiswa Ini Produksi Masker Wajah Yang Bisa Dikonsumsi

Discussion about this post

Berita Terbaru

Youtube Short kampanye #SambilCuan

YouTube Ajak Anak Muda Manfaatkan Fitur YouTube Shorts Untuk Meraih Peluang Bisnis

28 Juni 2022
0
GoRide

Kominfo Minta 2.569 PSE Lingkup Privat Daftar Ulang

28 Juni 2022
0
Sanjung Sari Pursie

Sanjung Sari Pursie : Dari Hobi Jadi Bisnis Berkelanjutan

28 Juni 2022
0
Warung Pintar

Warung Pintar Digitalisasi Sistem Distribusi Sasa Inti, Penjualan pun Naik Pesat

28 Juni 2022
0
Telkom sumbang komputer

Telkom Sumbang Perangkat Komputer dukung Digitalisasi Pendidikan SLBN Pangkalpinang

28 Juni 2022
0
Fresh Factory

Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$4,5 Juta

28 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version