youngster.id - Dailybox, startup F&B on-demand meraih pendanaan seri A yang dipimpin oleh Vertex Ventures SEA dan Kinesys Group. Hal ini menunjukkan keberhasilan Dailybox dalam meraih kepercayaan para investor atas eksistensi bisnisnya di tengah situasi yang tak menentu saat ini akibat pandemi COVID-19.
Kelvin Subowo, Co-Founder dan CEO Dailybox menyatakan, melalui pendanaan ini pihaknya berencana untuk fokus mempercepat ekspansi bisnis kami ke seluruh Indonesia.
“Kami menyambut pendanaan ini dengan sangat antusias. Kami sangat menghargai kepercayaan dan dukungan dari para investor yang senantiasa mendukung misi kami menghadirkan kekayaan cita rasa makanan nusantara dengan harga terjangkau ke seluruh Indonesia. Dengan pendanaan ini kami akan mempercepat ekspansi dan mengembangkan sistem dapur terpusat kami untuk terus menjaga serta meningkatkan kualitas layanan kami bagi para konsumen setia Dailybox,” kata Kelvin dalam siaran pers, Kamis (22/7/2021).
Saat ini, Dailybox telah hadir di beberapa kota termasuk di Pulau Jawa, Sumatera Utara dan juga Bali. Menurut Kelvin, pada Agustus 2021 pihaknya akan membuka gerai pertama di Pontianak.
“Ke depannya, kami berharap dapat menjadi brand F&B lokal terbesar yang dapat memperkenalkan masakan nusantara tidak hanya di Indonesia tapi juga Asia Tenggara dan bahkan seluruh dunia,” ujarnya.
Pandemi yang telah terjadi sejak 2020 telah membawa dampak yang luar biasa di setiap aspek, tak terkecuali industri makanan dan minuman. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi pertumbuhan bisnis Dailybox. Pada bulan Maret 2021, gross revenue (pendapatan kotor) Dailybox secara grup juga telah berhasil bertumbuh hingga 700% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Selain pertumbuhan gross revenue, Dailybox juga mengalami peningkatan luar biasa pada jumlah gerainya. Kurang dari setahun, jumlah gerai Dailybox di tahun 2020 telah tumbuh hingga 300%. Bahkan, Dailybox berhasil menjadi F&B brand yang memiliki jumlah cloud kitchen terbanyak di Indonesia, dengan jumlah total mencapai ratusan gerai pada semester awal 2021. Dailybox menargetkan untuk terus melakukan ekspansi dan menggandakan jumlah total gerainya pada akhir tahun ini.
Menurut Kelvin, pencapaian Dailybox yang luar biasa ini menjadi tonggak sejarah dalam perjalanan bisnis sejak tahun 2018 lalu. “Di tengah segala keterbatasan selama pandemi, kami terus berkomitmen memastikan para konsumen dapat tetap menikmati cita rasa nusantara yang kami hadirkan dalam beragam menu kami. Para pelanggan kami dapat menikmati Dailybox di berbagai layanan pesan antar makanan online. Selama pandemi, 80% omzet penjualan Dailybox bahkan berasal dari layanan pesan antar makanan online. Angka tersebut sejalan dengan fokus utama bisnis Dailybox yang berfokus pada layanan pesan antar makanan,” papar Kelvin.
Gary Khoeng, Senior Executive Director of Vertex Ventures SEA mengatakan, pihaknya terkesan dengan keunggulan operasional Dailybox dan cara mereka memprioritaskan serta mempertahankan kualitas produknya.
“Ketika berinvestasi, kami selalu mencari para startup yang berpotensi menjadi calon juara regional. Di tengah berbagai ketidakpastian saat ini, kami melihat Dailybox secara konsisten menunjukkan performa yang baik di industri F&B,” ungkapnya.
Steven Vanada, Managing Partner Kinesys Group menambahkan, Kinesys memiliki visi untuk mendukung pertumbuhan bisnis startup lokal. “Pertumbuhan bisnis Dailybox yang luar biasa bahkan di tengah pandemi telah menunjukkan kematangan strategi bisnis Dailybox sebagai perusahaan untuk selalu berinovasi dan beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi situasi yang menantang sekalipun. Kami percaya akan potensi yang dimiliki oleh Dailybox untuk mewujudkan visinya menjadi startup F&B terbesar di Indonesia,” ungkapnya.
Dailybox merupakan bagian dari The Daily Group yang juga menaungi beberapa brand F&B lainnya seperti menu sushi to-go, Shirato dan minuman segar, Anytime.
STEVY WIDIA
Discussion about this post