Sabtu, 17 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Innovation

Inovasi Kosmetik Antioksidan dari Buah Jamblang

28 November 2017
in Innovation
Reading Time: 2 mins read
Inovasi Kosmetik Antioksidan dari Buah Jamblang

Tiga mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) membuat kosmetik dari buah jamblang. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Buah ini memiliki banyak nama, di Jawa orang mengenalnya sebagai juwet atau jamblang. Buah lokal menyerupai anggur yang sudah jarang sudah ditemui ini ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan buah ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik.

Adalah tiga mahasiswa Program Studi Apoteker Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Dwi Augusnita Sari, Fransisca Yunita Dwiwulandari dan Yulia Rinia Letelay yang membuat kosmetik yakni lipstik, blash on dan eye shadow berbahan dasar buah jamblang.

Yulia, mengatakan jika dibanding buah lainnya, buah jamblang atau biasa dikenal mempunyai potensi yang lebih untuk dijadikan bahan kosmetik. “Dalam buah juwet ada antosianin, yakni pigmen warna ungu, yang tidak hanya berfungsi sebagai pewarna saja. Tapi sebagai antioksidan apalagi untuk daerah tropis seperti Indonesia,” ucapnya dilansir laman UKWMS baru-baru ini.

Menurut dia, ide tersebut berangkat dari pengamatan ketiga mahasiswa tersebut saat memakan buah juwet. “Waktu dimakan, warna ungunya itu nempel di kulit. Jadi kami berpikir siapa tahu bisa dikembangkan,” ujar Yulia.

Baca juga :   Produk Kecantikan Indonesia Diminati Dubai

Sementara menurut Dwi, kandungan antosianin sebesar 892 miligram dan 100 gram membuat jamblang bisa dikembangkan menjadi sediaan kosmetik tata rias. Perempuan yang akrab disapa Nita ini mengatakan, selain itu, penggunaan buah ini juga bertujuan untuk memperkenalkan buah itu ke masyarakat dan membantu meningkatkan perekonomian pedagang buah lokal.

Dwi menjelaskan, untuk tahapan pembuatan kosmetik terutama lisptik ini melewati dua tahapan, yaitu tahapan pembuatan ekstrak dan pembuatan sediaan kosmetik. Pertama-tama bagian kulit dan daging buah dipisahkan dari bijinya. Selanjutnya dilender tanpa menambahkan pelarut dari luar karena buah jamblang merupakan buah dengan kandungan airnya cukup banyak. Hasil itu selanjutnya diperas dan disaring, kemudian diuapkan menggunakan thermostatic waterbath 40-60 derajat celcius.

Baca juga :   Brand Kecantikan Indonesia Jacquelle Kolaborasi Dengan Disney Untuk Koleksi Modest Berkualitas Global

“Penjagaan suhu ini dikarenakan sifat dari zat aktif antosianin tidak tahan terhadap panas. Apabila suhu terlalu tinggi, antosianin dapat mengalami perubahan warna. Penguapan ini dilakukan hingga menjadi ekstrak kental,” kata dia.

Setelah ekstrak selesai dibuat, proses selanjutnya ialah pembuatan sediaan lipstik. Semua bahan yang dibutuhkan ditimbang, hidroksi propil metil selulosa (HPM) yang merupakan salah satu polimer sintetis dikembangkan dalam mortir hingga terbentuk gel.

Sedangkan polivinil alkohol (PVA) ditambahkan air dan dipanaskan di atas waterbath hingga membentuk suatu larutan jernih. Selanjutnya campuran tersebut ditambah dengan gliserin yang mengandung campuran pengawet metil paraben dan propil paraben. Ekstrak diencerkan dengan sisa aquadest dicampurkan ke dalam campuran di atas hingga homogen (tercampur merata).

Baca juga :   Air Laut Bisa Jadi Media Tanam Hidroponik Sayuran

Sementara Fransisca yang membuat eye shadow menyatakan, dibandingkan produk kosmetik lainnya, kosmetik berbahan jamblang ini menggunakan bahan alam yang mempunyai nilai tambah yaitu berdaya antioksidan yang cukup bagus.

Dirinya mengaku sempat mengalami kesulitan saat pencampuran bahan. Hal itu dikarenakan tekanan rendah dan tidak boleh terlalu kaut agar menyatu. “Kami sudah melakukan uji coba ke 10 orang. Hasilnya tidak menimbulkan iritasi. Namun untuk dapat dipasarkan perlu uji toksisitas,” ujarnya.

Mereka berharap, kosmetik yang dibuat dapat dikembangkan untuk selanjutnya mendapatkan hak paten serta dipasarkan di masyarakat. “Saat ini sedang proses paten. Harapan jangka panjang ada industri yang tertarik untuk mengembangkan,” pungkas Yulia.

STEVY WIDIA

Tags: buah jamblangbuah juwetkosmetikUniversitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
Previous Post

Kampung Berwarna Hadir Di Bandung

Next Post

Coworking Space Ini Beri Layanan Bintang Lima Bagi Startup

Related Posts

Tokopedia Beri Panggung Luas Untuk Brand Kosmetik Lokal Unjuk Gigi
Headline

Tokopedia Beri Panggung Luas Untuk Brand Kosmetik Lokal Unjuk Gigi

7 September 2024
0
Skinproof  Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan
Sponsored Content

Skinproof Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan

20 Mei 2024
0
Brand Kecantikan Indonesia Jacquelle Kolaborasi Dengan Disney Untuk Koleksi Modest Berkualitas Global
News

Brand Kecantikan Indonesia Jacquelle Kolaborasi Dengan Disney Untuk Koleksi Modest Berkualitas Global

23 Maret 2024
0
Load More
Next Post
Coworking Space Ini Beri Layanan Bintang Lima Bagi Startup

Coworking Space Ini Beri Layanan Bintang Lima Bagi Startup

Pola Konsumsi Berita Digital di Indonesia 2016

Alibaba Kampanyekan Diskusi Publik Mengenai E-Commerce di Indonesia

Pagelaran Tangsel With Love, Populerkan Batik Tangsel

Pagelaran Tangsel With Love, Populerkan Batik Tangsel

Discussion about this post

Recent Updates

Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
Erafone National Tournament 2024

Erafone National Tournament 2025 Siap Jangkau 22 Kota

16 Mei 2025
Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

16 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
Erafone National Tournament 2024

Erafone National Tournament 2025 Siap Jangkau 22 Kota

16 Mei 2025
Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara Akan Dipentaskan 30 Kali

16 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version