youngster.id - Pengelolaan Customer Experience (CX) adalah salah satu rahasia sukses perusahaan dalam transformasi digital menuju Indonesia menjadi negara berorientasi service tahun 2045.
“Pandemi covid-19 ini juga menjadi momentum titik balik berbagai bisnis, peran customer experience dapat menjadi solusi karena dapat dilakukan sebagai strategi diferensiasi yang penting bagi semua bisnis agar dapat bertahan dalam kompetisi era experience economy. Inilah yang menginisiasi terselenggaranya CX Awards yang pertama di Indonesia,” ujar Sri Safitri, Ketua Umum Indonesia Customer Experience Professional (ICXP).
Berkat kolaborasi ICXP dengan PT Telkom, maka hadirlah Customer Experience (CX) Awards 2022 pertama kali di Indonesia dalam gelaran CX Summit 2022 di Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (12/10/2022). CX Awards pertama ini menobatkan 8 pemenang pada 4 kategori.
Untuk kategori Best CX Transformation, pemenang adalah Yayasan Kesehatan/Yakes Telkom (Gold Winner), Direktorat Consumer PT Telkom (Silver Winner), dan PT Infomedia Nusantara (Bronze Winner).
Adapun kategori Most Impactful Team dimenangkan Tokopedia sebagai Gold Winner, Yakes Telkom (Silver Winner), dan Direktorat Consumer PT Telkom (Bronze Winner). Untuk kategori Highly Commended dimenangkan oleh Jesi Ravaldini, VP Human Resources Operations, PT Infomedia Nusantara.
Menurut Sri, selain ketiga kategori tersebut, ada kategori Most Influential CX Leader yang paling dinantikan. Tampil sebagai pemenang adalah Tri Priyo Anggoro, Direktur Yakes Telkom.
“Penghargaan ini diberikan kepada leader yang telah berhasil menunjukan kepemimpinannya dalam meciptakan inovasi, membangun tim dan menginspirasi para anggotanya untuk selalu memberikan kontribusi terbaik untuk pertumbuhan CX di Indonesia,” katanya.
Muhammad Fajrin Rasyid, Chief Digital Innovation Officer PT Telkom, saat membuka acara tersebut mengatakan, CX merupakan salah satu senjata bisnis, terutama di era saat ini yang penuh konflik di beberapa negara dan berdampak pada inflasi yang cukup tinggi hingga 10%, mencapai all time high selama 40 tahun.
“Sehingga bisnis-bisnis harus tetap bertahan di tengah ketidakpastian ini, yang salah satunya dengan cara mengembangkan CX lebih baik. Saat ini pun CX menjadi salah satu pembeda untuk menunjang kesuksesan suatu bisnis,” kata Fajrin.
ICXP yang diresmikan 9 September 2021 ini didirikan sebagai wadah praktisi CX di Tanah Air. Berdiri guna menyiapkan talenta profesional CX yang mampu mendukung percepatan pembangunan industri kreatif/digital dan pariwisata serta berdaya saing global serta berpartisipasi dalam menyiapkan ekosistem yang mendukung hadirnya CX yang optimal oleh industri di Indonesia.
Acara CX Awards ini direncanakan akan menjadi agenda tahunan ICXP sebagai ajang apresiasi atas kinerja para insan CX dalam memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan CX di Indonesia.
“Penghargaan diberikan kepada CX Team yang telah berhasil melakukan inovasi-inovasi, menunjukan komitmen dalam mengedepankan kepentingan pelanggan, dan telah bekerja secara kolaboratif untuk mencapai hasil yang luar biasa bagi CX,” imbuh Ketua Dewan Pengawas ICXP Eva Noor.
HENNI SOELAEMAN
Discussion about this post