youngster.id - Pada masa era digital saat ini, pengukuran online audience untuk dapat memahami perilaku konsumen menjadi hal yang dibutuhkan oleh para pelaku industri periklanan digital di Indonesia. Apalagi Indonesia memiliki populasi digital terbesar di Asia Tenggara.
Sebagai upaya untuk mendukung industri digital, Asosiasi Digital Indonesia atau Indonesian Digital Association (IDA) menetapkan standarisasi pengukuran perilaku digital di Indonesia. Hal ini agar seluruh pemangku kepentingan di industri periklanan digital Indonesia memiliki satuan ukuran yang sama dengan metodologi yang dapat dipertanggung jawabkan.
“Misi utama IDA adalah menjaga pertumbuhan industri periklanan digital untuk bisa dinikmati oleh perusahaan-perusahaan Indonesia. Salah satu upaya dalam menjalankan misi itu adalah memastikan pengukuran performa produk dalam ekosistem digital memiliki akurasi data dan kemampuan teknologi mumpuni sehingga pelaku usaha Indonesia bisa berkompetisi di kancah global,” kata ketua IDA, Dian Gemiano dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).
Untuk itu IDA melakukan proses seleksi dan resmi memilih perusahaan pengukuran audiens digital Similarweb menjadi pemenang pada kegiatan pemilihan standar pengukuran online untuk industri digital Indonesia. Penetapan pemenang ini juga telah disesuaikan dengan situasi industri digital Indonesia.
Similarweb adalah sebuah perusahaan pengukuran audiens digital yang telah didirikan sejak tahun 2007 dengan misi menyediakan pengetahuan (insight) untuk pelaku industri digital melalui multi-device global untuk memahami, melacak, dan menumbuhkan pasar digital.
Di Indonesia sendiri, Similarweb sudah dipercaya sebagai platform pengukuran online untuk menganalisa traffic sebuah website. Traffic ini merupakan jumlah data yang dikirimkan dan diterima oleh pengunjung pada sebuah website. Perusahaan akan mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi website suatu perusahaan. Similarweb juga konsisten merilis peringkat situs web di Indonesia setiap bulannya.
Ketua Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA) Eka Sugiarto mengatakan, SimilarWeb akan memiliki posisi yang istimewa dalam mengamati sekaligus menyuarakan himbauan untuk kegiatan pemasaran yang lebih bertanggung jawab (responsible marketing).
“Dalam proses evaluasi, kami juga menyimak beberapa kemampuan baru dari SimilarWeb untuk menghadirkan informasi yang tidak terbatas pada kegiatan komunikasi digital tetapi juga mulai meluas ke pengukuran transaksi digital. Kami berharap agar kapabilitas ini dapat terus berkembang, dan kalangan usaha juga dapat memanfaatkannya secara luas,” jelas Eka.
Sementara itu Rene E. Menezes, Executive Creative Director SEA, SimilarWeb certified partner mengungkapkan, SimilarWeb bersemangat untuk bekerjasama dengan IDA. Dengan penetapan acuan pengukuran kinerja digital di Indonesia oleh IDA, Similarweb sebagai penyedia standar pengukuran diharapkan dapat memberikan pemahaman yang terkini kepada media digital di Indonesia mengenai online audience, sehingga acuan dasar pengukuran ini dapat digunakan oleh seluruh pelaku industri periklanan digital Indonesia
STEVY WIDIA
Discussion about this post