Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

IDA Tetapkan Similarweb Sebagai Pengukuran Standarisasi Perilaku Digital di Indonesia

1 April 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
Qasir Bersinergi dengan Grab Hadirkan Layanan bagi Usaha Mikro

Sejak pandemi, platform digital menjadi bagi bagian dari aktivitas masyarakat. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pada masa era digital saat ini, pengukuran online audience untuk dapat memahami perilaku konsumen menjadi hal yang dibutuhkan oleh para pelaku industri periklanan digital di Indonesia. Apalagi Indonesia memiliki populasi digital terbesar di Asia Tenggara.

Sebagai upaya untuk mendukung industri digital, Asosiasi Digital Indonesia atau Indonesian Digital Association (IDA) menetapkan standarisasi pengukuran perilaku digital di Indonesia. Hal ini agar seluruh pemangku kepentingan di industri periklanan digital Indonesia memiliki satuan ukuran yang sama dengan metodologi yang dapat dipertanggung jawabkan.

“Misi utama IDA adalah menjaga pertumbuhan industri periklanan digital untuk bisa dinikmati oleh perusahaan-perusahaan Indonesia. Salah satu upaya dalam menjalankan misi itu adalah memastikan pengukuran performa produk dalam ekosistem digital memiliki akurasi data dan kemampuan teknologi mumpuni sehingga pelaku usaha Indonesia bisa berkompetisi di kancah global,” kata ketua IDA, Dian Gemiano dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Baca juga :   Indonesia Pasar Potensial Cloud Computing

Untuk itu IDA melakukan proses seleksi dan resmi memilih perusahaan pengukuran audiens digital Similarweb menjadi pemenang pada kegiatan pemilihan standar pengukuran online untuk industri digital Indonesia. Penetapan pemenang ini juga telah disesuaikan dengan situasi industri digital Indonesia.

Similarweb adalah sebuah perusahaan pengukuran audiens digital yang telah didirikan sejak tahun 2007 dengan misi menyediakan pengetahuan (insight) untuk pelaku industri digital melalui multi-device global untuk memahami, melacak, dan menumbuhkan pasar digital.

Di Indonesia sendiri, Similarweb sudah dipercaya sebagai platform pengukuran online untuk menganalisa traffic sebuah website. Traffic ini merupakan jumlah data yang dikirimkan dan diterima oleh pengunjung pada sebuah website. Perusahaan akan mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi website suatu perusahaan. Similarweb juga konsisten merilis peringkat situs web di Indonesia setiap bulannya.

Baca juga :   Samsung dan FFI Gelar Kelas Online Workshop di Galaxy Movie Studio

Ketua Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA) Eka Sugiarto mengatakan, SimilarWeb akan memiliki posisi yang istimewa dalam mengamati sekaligus menyuarakan himbauan untuk kegiatan pemasaran yang lebih bertanggung jawab (responsible marketing).

“Dalam proses evaluasi, kami juga menyimak beberapa kemampuan baru dari SimilarWeb untuk menghadirkan informasi yang tidak terbatas pada kegiatan komunikasi digital tetapi juga mulai meluas ke pengukuran transaksi digital. Kami berharap agar kapabilitas ini dapat terus berkembang, dan kalangan usaha juga dapat memanfaatkannya secara luas,” jelas Eka.

Sementara itu Rene E. Menezes, Executive Creative Director SEA, SimilarWeb certified partner mengungkapkan, SimilarWeb bersemangat untuk bekerjasama dengan IDA.  Dengan penetapan acuan pengukuran kinerja digital di Indonesia oleh IDA, Similarweb sebagai penyedia standar pengukuran diharapkan dapat memberikan pemahaman yang terkini kepada media digital di Indonesia mengenai online audience, sehingga acuan dasar pengukuran ini dapat digunakan oleh seluruh pelaku industri periklanan digital Indonesia

Baca juga :   Target Google : Lahirkan 100.000 Developer Android di Indonesia

 

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi Digital IndonesiaIndonesian Digital Association (IDA)Similarwebstandarisasi pengukuran perilaku digital
Previous Post

Cinema XXI dan Nusantics Pastikan Keamanan Udara di Bioskop

Next Post

Google Maps Akan Tampilkan Rute Ramah Lingkungan

Related Posts

e-commerce
Headline

Pengunjung E-Commerce Melonjak Saat Ramadan

2 Mei 2023
0
Tokopedia Bisa Dibayar di Kantor Pos
Headline

Tokopedia Jadi e-Commerce Yang Paling Banyak Dikunjungi 

9 Agustus 2021
0
iDEA Gelar Kenduri e-UKM di Surabaya
News

E-commerce Lokal Dominasi Industri Marketplace Indonesia

20 April 2021
0
Load More
Next Post
Google Maps Kini Sedia Jadwal dan Rute Commuter Line

Google Maps Akan Tampilkan Rute Ramah Lingkungan

Arista Miftahul

Arista Miftahul : Raup Omzet Puluhan Juta dari Jualan Mie Ayam

Shopee Target Ekspor Sejuta Lebih Produk UMKM

1000 UMKM Ikut Pelatihan Awal Eksportir Baru Dari Shopee Dan Sekolah Ekspor

Discussion about this post

Recent Updates

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version