Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pola Konsumsi Berita Digital di Indonesia 2016

30 Januari 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
Pola Konsumsi Berita Digital di Indonesia 2016

UCWeb, Alibaba Mobile Business Group meluncurkan siaran televisi. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Laporan Year-end mobile content consumption trend of 2016 in Indonesia menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam konsumsi konten berita di semester 2 tahun 2016. Industri konten digital di Indonesia mengarah kepada perbandingan pada pasar China.

Jack Huang , President, Overseas Business, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group dalam keterangan persnya mengatakanm tren konsumsi konten di UC News di semester 2 tahun 2016 menunjukan potensi besar perkembangan We-Media. Industri konten digital di Indonesia mengarah kepada perbandingan pada pasar China.

Berikut pola konsumsi digital di Indonesia selama 2016 lalu:

1.Pengguna Mayoritas Anak Muda.
Pengguna usia muda, terutama pria, adalah kelompok pengguna dominan pada konsumsi konten berita daring.
Pengguna dari dua kelompok usia, yaitu kelompok usia 19-25 tahun dan kelompok umur 31+, mendominasi dalam konsumsi konten berita online, terhitung hampir 70% dari total konsumen konten digital dengan rasio pengguna pria dan wanita sekitar 4:1

2. Hiburan, olahraga, dan sosial adalah fitur utama dari konsumsi berita daring di UC News.
Hiburan (30%), olahraga (18%) dan sosial (19%) adalah kategori yang paling banyak dibaca pada konten media (tradisional) dan We-Media, total top 10 pageviews.

Baca juga :   Titipku Luncurkan Fitur Lapak Andalan Titipku

3. Topik berita yang paling banyak dilihat pada semester dua 2016.
Dalam kategori hiburan, pengguna lebih banyak membaca konten tentang gosip selebritas, musik dan film. Pada kategori olahraga, masih diramaikan oleh berita sepak bola. Tim sepak bola nasional Indonesia adalah topik yang paling banyak dibicarakan, terutama pada topik pembebasan larangan FIFA dan AFF 2016.

Dalam kategori nasional, konten yang paling banyak dikonsumsi adalah topik mengenai kriminal, bencana alam dan konflik. Salah satu topik yang banyak menyita perhatian adalah dari politik.

4. Internet sebagai media terpenting kedua dan perkembangannya dalam penyebaran konten.
Internet telah menjadi media kedua yang paling sering digunakan (42,5% dari total populasi) dan waktu yang digunakan (rata-rata 354,2 menit per minggu) diikuti dengan TV (99,8% dari total populasi, rata-rata 1.782,5 menit setiap minggu) di Indonesia , dan meningkatnya aksesibilitas serta penyebaran pengguna seluler, turut membantu mempromosikan pentingnya peran Internet dalam lanskap media di Indonesia .

Baca juga :   WhatsApp Tingkatkan Keamanan Aplikasi di Desktop

Lebih dari 50% pengguna internet menggunakan media sosial sebagai sumber berita utama mereka di Indonesia, Facebook memiliki lebih banyak pengguna yang mengakses dari telepon genggam pada semua kelompok usia dan aktivitas utama di Facebook adalah melihat berita atau informasi, terhitung 52,9% dari total pengguna Facebook. Facebook adalah media sosial nomor 1 untuk berbagi konten di Indonesia . Kepercayaan pada media sosial terhadap perkembangan berita dan informasi telah menjadi revolusi penyebaran konten dan mendorong lebih banyak pembuat konten untuk membagikan karya mereka di media sosial, yang juga membantu pembuat konten independen untuk dapat dikenal.

Pengguna seluler diperkirakan mencapai 173,3 juta di 2017, dihitung 66,5% dari total populasi. 43,2% (74,9 juta) dari pengguna seluler diperkiraan akan menjadi pengguna smartphone pada saat itu. Sementara itu, pengguna internet mobile di Indonesia diprediksikan mencapai 90,6 juta pada tahun 2017, yaitu 34,8% dari total populasi, kurang dari 11,7% pengguna internet mobile di Tiongkok. Perkiraan pertumbuhan pengguna telepon genggam akan meningkatkan permintaan konten daring dan pertumbuhan kontributor konten

Baca juga :   HP Luncurkan 4 Produk Baru Mensasar UKM

5. Potensi besar perkembangan penerbit independen di Indonesia

Pertumbuhan penerbit independen dan kreator konten di Indonesia, didukung dengan pertumbuhan tinggi pada konsumsi konten mobile, menunjukkan minat masyarakat Indonesia untuk berbagi konten, yang menyediakan kesempatan untuk kreator konten untuk memenuhi permintaan konsumen, termasuk artikel, video, meme , komik berseri dan serial, dan sebagainya

Indonesia memasuki era meningkatnya konsumsi konten melalui perangkat mobile , para kreator konten akan mendapatkan reward melalui program monetisasi We-Media, tapi juga berkontribusi kepada keseluruhan ekosistem We-Media dan menjawab permintaan pertumbuhan konten.

STEVY WIDIA

Tags: Alibaba Mobile Business Groupinternetpenerbit independenpola konsumsi berita digitalUCWebwe-media
Previous Post

Program Born To Control Untuk Jaring Penjaga Siber

Next Post

Creativepreneur Corner 2017, Ajak Anak Muda Wujudkan Kreativitas

Related Posts

Daya Saing Digital
News

Daya Saing Digital Indonesia Duduki Peringkat 43 Dunia

15 November 2024
0
Gaet Pengguna Muda, AXIS Hadirkan Paket Internet Berdasarkan Waktu Penggunaan
News

Gaet Pengguna Muda, AXIS Hadirkan Paket Internet Berdasarkan Waktu Penggunaan

2 November 2023
0
WhatsApp
news

WhatsApp Hadirkan Layanan Yang Bisa Kirim Pesan Tanpa Internet

6 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Creativepreneur Corner 2017, Ajak Anak Muda Wujudkan Kreativitas

Creativepreneur Corner 2017, Ajak Anak Muda Wujudkan Kreativitas

Yeni Dwi Fitriana : Menyejahterakan Masyarakat Desa Lewat Eco Wisata Organik

Yeni Dwi Fitriana : Menyejahterakan Masyarakat Desa Lewat Eco Wisata Organik

Mise, E-Commerce Dengan Konsep Gabungan

Mise, E-Commerce Dengan Konsep Gabungan

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version