Minggu, 26 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Tokopedia Dorong UMKM Perempuan Jadi Berdaya Lewat Platform Digital

22 April 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Yaniar Fernanda pemilik Dekayu

Yaniar Fernanda pemilik Dekayu. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memegang peranan besar untuk ekonomi Indonesia. Sebagian dari pelaku UMKM adalah kaum perempuan. Di tengah gempuran teknologi, para pelaku UMKM ini terus bertahan bahkan makin berdaya dengan memanfaatkan berbagai peluang di platform digital.

VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat mengungkapkan, pegiat usaha UMKM perempuan di Tokopedia naik sekitar 2,5 kali lipat.

“Tokopedia terus mengedepankan inklusivitas demi memberikan kesempatan yang setara kepada masyarakat untuk mencapai lebih sekaligus mendorong pemulihan ekonomi negeri. Siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel dan masih banyak lagi, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia,” kata Puput dalam jumpa pers virtual, Kamis (21/4/2022).

Baca juga :   idEA Akan Data Pebisnis e-commerce

Menurut dia, kota seperti Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021. “Tokopedia kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” kata Puput lagi.

Untuk memperingati Hari Kartini, Tokopedia menghadirkan Yaniar “Nia” Fernanda pemilik Dekayu dan Difansa “Difa” Rachmani, pemilik Diet Special Needs. Keduanya adalah pelaku UMKM yang menjadi merchant di Tokopedia.

“Di Ramadan 2021 lalu, transaksi kami lewat Tokopedia melonjak lebih dari empat kali lipat. Di Ramadan tahun ini, untuk memaksimalkan penjualan, kami sudah menyiapkan stok produk dan mengikuti berbagai program Tokopedia,” kata Nia.

Baca juga :   NusantaRun Kumpulkan Donasi Untuk Pendidikan Penyandang Disabilitas

Lewat Dekayu Nia berhasil memberdayakan sejumlah pengrajin kayu sekaligus ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul, dan menghasilkan berbagai peralatan makan serta dekorasi rumah khusus dari kayu jati dan serat alam lainnya.

Sementara Difa mengatakan sejak bergabung di Tokopedia dan memanfaatkan TopAds, maka kunjungan ke toko Diet Special Needs meningkat hingga sepuluh kali lipat. “Dengan program di Tokopedia kami dapat menjangkau masyarakat yang memiliki kebutuhan makanan khusus lebih luas lagi,” ucapnya.

Diet Special Needs adalah toko yang menyediakan aneka makanan yang diproses secara khusus tanpa terigu, gula pasir, susu dan turunannya, seafood dan bahan alergen lainnya agar bisa dikonsumsi oleh anak berkebutuhan khusus, serta masyarakat dengan diabetes, hipertensi, autoimun, asam lambung, kanker, alzheimer, kulit sensitif atau alergi.

Baca juga :   Yaniar Fernanda : Tangkap Peluang Usaha Kriya Bernilai Estetika Dan Fungsional

 

STEVY WIDIA

Tags: DekayuDiet Special NeedsTokopediaUMKM PerempuanUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Kemenperin Jaring Startup Berbasis Teknologi Industri Lewat Start Up For Industry 2022

Next Post

Gandeng Komunitas Sesi Tuku, DOKU Digitalisasi Pembayaran Bazaar Thrift di Solo

Related Posts

Telkomsel Awards 2022
News

Ini Talenta Industri Kreatif Digital Peraih Telkomsel Awards 2022

25 Juni 2022
0
GudangAda
News

GudangAda Hadirkan COD Untuk Permudah Transaksi Pedagang

25 Juni 2022
0
Nexticorn
News

NextiCorn Perketat Kurasi Startup Untuk NXC International Summit 2022

25 Juni 2022
0
Load More
Next Post
DOKU x Sesi Tuku

Gandeng Komunitas Sesi Tuku, DOKU Digitalisasi Pembayaran Bazaar Thrift di Solo

Logee Hub BDG001

Ditargetkan Jadi Hub Central di Jawa Barat, Telkom Resmikan Gudang Baru Logee di Bandung

Carousell x KitaBisa

Kolaborasi Carousell, KitaBisa dan Lyfe With Less Ajak Warga Indonesia Memilih Barang Preloved

Discussion about this post

Berita Terbaru

Telkomsel Awards 2022

Ini Talenta Industri Kreatif Digital Peraih Telkomsel Awards 2022

25 Juni 2022
0
Mastercard

Mastercard Berdayakan Perusahaan Rintisan Lewat Program Startup Path Open Banking

25 Juni 2022
0
GudangAda

GudangAda Hadirkan COD Untuk Permudah Transaksi Pedagang

25 Juni 2022
0
Nexticorn

NextiCorn Perketat Kurasi Startup Untuk NXC International Summit 2022

25 Juni 2022
0
Pandawa Agri Indonesia x Rabo Foundation

Agreetech Pandawa Agri dan Rabo Foundation Fasilitasi 225 Hektar Pertanian Berkelanjutan

25 Juni 2022
0
Command Center Telkom Integrated Operation Center

Dewan Ketahanan Nasional RI Kunjungi TIOC Telkom untuk Benchmark Pembangunan Crisis Center IKN

25 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version