Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tren Belanja Masyarakat Indonesia Pada Kuartal II 2022

9 Juli 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia NOW

Layanan Tokopedia NOW. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Tren belanja masyarakat Indonesia mengalami perubahan signifikan. Tokopedia mencatat Kesehatan, Makanan dan Minuman (Makmin), Rumah Tangga, Perawatan Tubuh dan Otomotif menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat Indonesia pada kuartal II 2022.

Tren belanja ini didorong oleh berbagai inisiatif, seperti Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan, Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Juga Tokopedia Nyam! yang menyediakan aneka produk makmin dari UMKM lokal.

“Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Contohnya, Tokopedia mencatat pengiriman terjauh di Tokopedia pada kuartal II 2022 adalah dari Karawang ke Ternate,”ungkap Ekhel Chandra Wijaya Head of External Communications Tokopedia dalam keterangan pers, Jumat (8/7/2022)

Dia mengungkapkan, untuk kategori Kesehatan, beberapa produk yang paling laris, antara lain tisu, masker kesehatan, dan obat herbal. Lain halnya di kategori Makmin, buah-buahan, susu bubuk, serta minyak goreng adalah beberapa produk yang paling laku. Pada kategori Rumah Tangga, produk benih bibit tanaman, seprai dan bed cover serta gantungan baju menjadi beberapa produk paling dicari.

Baca juga :   #GerakanOtomotifNasional, Upaya Dongkrak Industri Otomotif Tanah Air

Sedangkan di kategori Perawatan Tubuh, parfum dan cologne, body lotion, vitamin dan serum rambut menjadi beberapa produk yang banyak diburu masyarakat. Di sisi lain, produk lampu motor dan mobil, aksesori body motor, serta radiator dan komponen mobil merupakan beberapa produk paling laris di kategori Otomotif.

Program yang juga mendukung adalah Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, serta CantikFest kampanye yang menyediakan kebutuhan berbagai produk seperti kecantikan, rumah tangga, fesyen, hingga peralatan olahraga. Tak ketinggalan, ada Tokopedia Garage yang menyediakan berbagai kebutuhan otomotif pilihan untuk menjaga performa kendaraan.

Menurut Ekhel, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat Digitalisasi Pasar Tradisional dan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Baca juga :   Tokopedia Dukung Digital Enterpreneurship Academy Agar UMKM Go-Digital

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal II 2022 dibandingkan periode yang sama di 2021. Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi adalah Manado, Balikpapan dan Denpasar. Sedang, wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi adalah Padang, Palu dan Brebes. Lalu wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi paling tinggi adalah Balikpapan, Palu dan Manado.

“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

 

STEVY WIDIA

Tags: Tokopediatren belanjaUMKM Lokal
Previous Post

IGDX Jadi Wadah Pengembang Game Lokal Tingkatkan Kapabilitas

Next Post

Dalam 2 Tahun OLX Autos Telah Beri Kemudahan Bagi 5 Juta Konsumen

Related Posts

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
Load More
Next Post
OLX Autos web series

Dalam 2 Tahun OLX Autos Telah Beri Kemudahan Bagi 5 Juta Konsumen

Aplikasi Meditech+

Meditech+, Aplikasi Layanan Kesehatan Berbasis Kecerdasan Buatan

Mural

Seni Mural Hadirkan Jembatan Bifrost di Terowongan Kendal

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version