youngster.id - Bisa dibilang, dengan adanya pemindahan seluruh aktivitas ke rumah, kebutuhan pokok menjadi pencarian utama masyarakat Indonesia dari awal imbauan physical distancing diberlakukan. Karena masyarakat cenderung berbelanja secara online untuk kebutuhan pokok melalui online.
Sejak diberlakukannya imbauan physical distancing, terdapat perubahan tren perilaku berbelanja di tengah rutinitas baru yang terpusat di rumah khususya masuk dibulan Ramadan 1441 H kali ini.
Seperti diungkapkan Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia dalam laporan Tren Belanja Utama Selama Ramadan 1441 H.
“Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan beraktivitas dari rumah, Shopee melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi. Karena melihat pentingnya peran e-commerce di kehidupan masyarakat saat ini, Shopee akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja untuk semua,” ucap Handhika dalam keterangannya Jumat (8/5/2020).
Menurut dia, permintaan akan kebutuhan pokok dan perlengkapan rumah, mitra brand dan penjual di kategori Perlengkapan Rumah, Makanan dan Minuman, serta Kebutuhan Ibu dan Bayi dari pengguna Shopee melonjak. “Memahami adanya peningkatan permintaan akan produk/kategori ini, selain memastikan ketersediaan stok barang, Shopee juga berupaya untuk menjaga harga produk untuk berada di taraf wajar dan sesuai dengan kondisi pasar,” kata Handika lagi.
Meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan. Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir 3X lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.
“Sehubungan dengan diberlakukannya kebijakan physical distancing selama bulan Ramadhan tahun ini, Shopee menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale tahun ini untuk memberikan akses yang lebih baik lagi ke berbagai kebutuhan esensial melalui #ShopeeDariRumah. Kami tidak hanya memberikan kemudahan berbelanja online, tetapi juga mengajak masyarakat untuk turut merayakan Ramadan secara efektif. Kampanye Big Ramadnan Sale kami telah diterima
dengan baik hingga saat ini, terlihat dari bagaimana kenyamanan pengalaman berbelanja para pengguna kami, yang tentunya berbanding lurus dengan peningkatan bisnis yang dialami oleh para penjual dan mitra brand kami,” papar Handhika.
Dalam catatan Shopee juga didapati walaupun masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan Ramadan dari rumah, Shopee tetap melihat adanya peningkatan atas permintaan untuk produk-produk Kecantikan, Muslim Fashion, dan HP. Selain itu, produk-produk pada kategori Dekorasi Rumah dan Home & Living melonjak karena kegiatan dipusatkan di rumah selama bulan Ramadhan tahun ini.
Shopee mengamati adanya peningkatan kegiatan berbelanja di kampanye Big Ramadhan Sale dengan peningkatan 25X lipat terhadap jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasanya di puncak kampanye Big Ramadhan Sale pertama yang berlangsung pada tanggal 5 Mei lalu. Produk-produk terpopuler meliputi Aksesoris Pengendara Motor, Kerudung dan Pakaian Muslim Perempuan, hingga Perlengkapan dan Aksesoris Dapur.
“Kami berharap rangkaian program yang telah Shopee persiapkan dapat terus menjadi solusi belanja online yang dapat diandalkan oleh para pengguna. Salah satunya dengan memanfaatkan 2 periode puncak kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, yakni Big Ramadhan THR Sale pada tanggal 11 Mei 2020 di mana para pengguna akan dimanjakan oleh 11 promo, dan THR Ekstra Day di tanggal 15 Mei 2020,” tutup Handhika.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post