Selasa, 28 Juni 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Inisiatif Hyperlocal Dongkrak Transaksi UMKM Balikpapan Lebih dari Dua Kali Lipat Selama 2021

11 Februari 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia - Balikpapan

Inisiatif Hyperlocal Dongkrak Transaksi UMKM Balikpapan Lebih dari Dua Kali Lipat Selama 2021 (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan oleh Tokopedia membawa sederet dampak positif di berbagai daerah, termasuk Balikpapan. Transaksi UMKM Balikpapan di Tokopedia meningkat 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020.

“Kami mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mengembangkan UMKM Balikpapan. Sinergi antara pemerintah dan pihak swasta merupakan kunci dalam mendorong pembangunan ekonomi di Balikpapan,” kata Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (11/2/2022).

Dijelaskan Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan, di Balikpapan, Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kesehatan, Kecantikan, dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris selama 2021 di Tokopedia dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas .

Menurut Emmir, sepanjang 2021 tren jual-beli online di Balikpapan adalah Produk daging, paket dan parsel makanan, juga susu menjadi beberapa produk yang laris diburu masyarakat Balikpapan selama 2021 dibandingkan 2020. “Pegiat usaha lokal bidang makanan dan minuman di Balikpapan mengalami kenaikan transaksi hampir 2,5x lipat selama tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya” jelas Emmir.

Baca juga :   Sebelum Ke Bursa Usaha Kecil Perlu Perkuat Modal

Di kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, tercatat produk seperti popok, makanan dan susu bayi, serta seragam sekolah menjadi beberapa produk paling dicari masyarakat Balikpapan sepanjang 2021 dibandingkan 2020. Produk seperti masker, perlengkapan kebersihan, serta nutrisi ibu hamil menjadi beberapa produk paling laris di Balikpapan selama 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Ada peningkatan penjualan produk face and body paint, pembersih make-up, serta aksesoris rambut pada Kategori Kecantikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara di kategori Rumah Tangga, produk seperti Perumahan, Motors and Power Transmission, dan Machinery terlihat banyak diburu oleh masyarakat Balikpapan pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Berbagai temuan menarik itu didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, di antaranya adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya,” ungkap Emmir.

Baca juga :   Achmad Zaky: UMKM Pahlawan Ekonomi Baru

Sambal Raja Roa merupakan contoh pegiat usaha lokal asal Balikpapan yang aktif mengikuti program Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Tokopedia dan mengalami peningkatan omzet sebesar 3x lipat setelah mengikuti program tersebut.

“Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” tutup Emmir.

 

FAHRUL ANWAR

Tags: inisiatif hyperlocalTokopediaTransaksi UMKM Balikpapan
Previous Post

Pemula Ingin Berinvestasi Pada Aset Crypto? Stablecoin Bisa Jadi Pilihan

Next Post

Celah Keamanan Siber Umum Pada Startup

Related Posts

GoRide
News

Kominfo Minta 2.569 PSE Lingkup Privat Daftar Ulang

28 Juni 2022
0
Warung Pintar
News

Warung Pintar Digitalisasi Sistem Distribusi Sasa Inti, Penjualan pun Naik Pesat

28 Juni 2022
0
Java in Paris
News

Produk UMKM Indonesia Jadi Sorotan Warga Paris Saat Tampil di Le BHV Marais

28 Juni 2022
0
Load More
Next Post
kejahatan-siber

Celah Keamanan Siber Umum Pada Startup

Ternak Uang Raymond Chin

Dapat Pendanaan Tahap Awal Ternak Uang Kembangkan AI Untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

CTI IT Infrastructure Summit

Ingin Perusahaan Tumbuh, Customer Centric Jadi Keharusan

Discussion about this post

Berita Terbaru

GoRide

Kominfo Minta 2.569 PSE Lingkup Privat Daftar Ulang

28 Juni 2022
0
Sanjung Sari Pursie

Sanjung Sari Pursie : Dari Hobi Jadi Bisnis Berkelanjutan

28 Juni 2022
0
Warung Pintar

Warung Pintar Digitalisasi Sistem Distribusi Sasa Inti, Penjualan pun Naik Pesat

28 Juni 2022
0
Telkom sumbang komputer

Telkom Sumbang Perangkat Komputer dukung Digitalisasi Pendidikan SLBN Pangkalpinang

28 Juni 2022
0
Fresh Factory

Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$4,5 Juta

28 Juni 2022
0
Java in Paris

Produk UMKM Indonesia Jadi Sorotan Warga Paris Saat Tampil di Le BHV Marais

28 Juni 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version