Minggu, 18 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kompetisi DBS BIG 2016 Bagi UKM Kreatif

7 Juni 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Kompetisi DBS BIG 2016 Bagi UKM Kreatif

Bank DBS Indonesia memperkenalkan aplikasi mobile DBS BusinessClass. (Dok. DBS/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ekonomi kreatif terus dikembangkan menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka panjang.Untuk itu pelaku usaha kreatif terus dipicu untuk berkembang. Salah satunya lewat kompetisi model bisnis UKM bernama DBS BIG 2016.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ada 57,9 juta UKM di Indonesia yang mampu berkontribusi hingga sebesar 57,93 persen dari total pendapatan domestik bruto Indonesia di 2015. Melihat besarnya peran UKM dalam menjaga kestabilan dan kekuatan ekonomi Indonesia, Bekraf bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia menggelar kompetisi DBS Bring Indonesia to Global (BIG): Creative Business Challenge 2016.

“Penting bagi mereka untuk semakin berkembang dan berdaya saing secara global,” kata Triawan Munaf, kepala Bekraf Indonesia belum lama ini di Jakarta.
Kompetisi bertema “Inovasi Produk UKM Guna Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia di Mata Dunia”, ini memang ditujukan bagi pelaku UKM di bidang ekonomi kreatif yang berorientasi ekspor.

Baca juga :   Bekraf Gelar Workshop Cara Dapatkan Pembiayaan

Kompetisi ini terbuka bagi UKM kreatif yang bergerak di enam sub-sektor ekonomi kreatif, yaitu seni rupa, kerajinan tangan, mode, animasi video, kuliner, aplikasi, serta pengembangan permainan digital.
Peserta yang tertarik untuk mengikuti DBS BIG, harus sudah menjalankan bisnisnya selama minimal satu tahun, dengan omzet per tahun minimal Rp 300 juta rupiah. Pelaku usaha yang sudah mendapatkan pendanaan juga masih bisa mengikuti kompetisi, selama nilai pendanaan tidak melebihi Rp 10 miliar.

Pendaftaran untuk kompetisi akan ditutup pada 23 Juli 2016 mendatang, kemudian diikuti oleh pengumuman sepuluh semifinalis pada 1 Agustus 2016, dan babak final yang akan diadakan pada 13-15 Agustus 2016.

Kamu tertarik mendaftar? Selain mengisi formulir pendaftaran, kamu juga harus membuat video berdurasi maksimal lima menit, yang menceritakan singkat tentang profil UKM kreatif yang dikelola. Termasuk jenis usaha, produk atau jasa yang dihasilkan beserta keunggulannya, dan pasar ekspor yang dituju, kemudian diunggah ke Youtube.

Baca juga :   DycodeX Wakili Indonesia di Acara Google Demo Day Asia

Sepuluh semifinalis yang terpilih akan mendapatkan fasilitas konsultasi dan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Bekraf, mengikuti preliminary business discussion, dan pelatihan keahlian presentasi dari BukaLapak, ActionCOACH, Universitas Prasetya Mulia, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Bekraf.
Di tahap selanjutnya, para semifinalis akan melakukan presentasi model bisnis di hadapan dewan juri. Semifinalis juga akan memperoleh kesempatan dan pengalaman mempresentasikan ide dan inovasi bisnisnya di hadapan kalangan pebisnis profesional, beserta hadiah uang tunai senilai total Rp 245 juta.

Dari sini, hanya tiga finalis yang akan mengikuti tahap final. Finalis akan diminta membuat rancangan platform digital untuk memasarkan produknya, dan menyiapkan presentasi bisnis dalam waktu 48 jam.

Baca juga :   GoPay Gelar Turnamen Esports Untuk Kelas Amatir

Hadiah uang tunai akan diberikan pada pemenang, dengan jumlah Rp 100 juta untuk juara pertama, Rp 70 juta dan Rp 50 juta masing-masing bagi juara kedua dan ketiga.

Peserta dengan video yang memiliki jumlah like dan atau view paling banyak, juga akan diberikan hadiah sebesar Rp 25 juta.

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)DBSkompetisiukm kreatif
Previous Post

Sepatu Bata Targetkan Produksi 4,5 juta Pasang Alas Kaki

Next Post

Penawaran Umum Terbatas II XL Raih US$ 500 juta

Related Posts

DBS Accelerator Ekspansi Ke Inovasi Digital
Headline

DBS Tingkatkan Pembiayaan Digital Untuk Lebih Dari 15 Ribu UKM di Asia

19 Mei 2022
0
Sabda PS
News

Zenius Gelar Kompetisi Pembelajaran Adaptif Berhadiah Lebih Dari Rp 1 Miliar

19 Agustus 2021
0
Robot Meriahkan Acara Wisudawa ke-159 Undip
Headline

ICStar Hackathon 2021 Angkat Tema Robotic Process Automation

2 Agustus 2021
0
Load More
Next Post
Xtra Berkah Dari XL Selama Ramadhan

Penawaran Umum Terbatas II XL Raih US$ 500 juta

Industri kreatfi

Bekraf, Telkom dan MIKTI Siap Bina Industri Kreatif

Fintech

Fintech Dorong Sistem Cashless

Discussion about this post

Recent Updates

Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lark x MII

Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Kolaborasi di Dunia Kerja, MII Gandeng Lark

17 Mei 2025
talent war

Strategi Bagi Para Pencari Kerja di Tengah Fenomena “Talent War”

17 Mei 2025
Hyper-Personalization

“Hyper-Personalization”, Strategi Pemasaran Masa Depan Berbasis AI

17 Mei 2025
BRI Finance

Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, BRI Finance Terapkan Strategi Captive Market

16 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version