Kamis, 23 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Kompetisi DBS BIG 2016 Bagi UKM Kreatif

7 Juni 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Kompetisi DBS BIG 2016 Bagi UKM Kreatif

Bank DBS Indonesia memperkenalkan aplikasi mobile DBS BusinessClass. (Dok. DBS/Youngsters.id)

youngster.id - Ekonomi kreatif terus dikembangkan menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka panjang.Untuk itu pelaku usaha kreatif terus dipicu untuk berkembang. Salah satunya lewat kompetisi model bisnis UKM bernama DBS BIG 2016.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ada 57,9 juta UKM di Indonesia yang mampu berkontribusi hingga sebesar 57,93 persen dari total pendapatan domestik bruto Indonesia di 2015. Melihat besarnya peran UKM dalam menjaga kestabilan dan kekuatan ekonomi Indonesia, Bekraf bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia menggelar kompetisi DBS Bring Indonesia to Global (BIG): Creative Business Challenge 2016.

“Penting bagi mereka untuk semakin berkembang dan berdaya saing secara global,” kata Triawan Munaf, kepala Bekraf Indonesia belum lama ini di Jakarta.
Kompetisi bertema “Inovasi Produk UKM Guna Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia di Mata Dunia”, ini memang ditujukan bagi pelaku UKM di bidang ekonomi kreatif yang berorientasi ekspor.

Baca juga :   Dua Tahun Beroperasi OYO Perkuat Operasional di Indonesia

Kompetisi ini terbuka bagi UKM kreatif yang bergerak di enam sub-sektor ekonomi kreatif, yaitu seni rupa, kerajinan tangan, mode, animasi video, kuliner, aplikasi, serta pengembangan permainan digital.
Peserta yang tertarik untuk mengikuti DBS BIG, harus sudah menjalankan bisnisnya selama minimal satu tahun, dengan omzet per tahun minimal Rp 300 juta rupiah. Pelaku usaha yang sudah mendapatkan pendanaan juga masih bisa mengikuti kompetisi, selama nilai pendanaan tidak melebihi Rp 10 miliar.

Pendaftaran untuk kompetisi akan ditutup pada 23 Juli 2016 mendatang, kemudian diikuti oleh pengumuman sepuluh semifinalis pada 1 Agustus 2016, dan babak final yang akan diadakan pada 13-15 Agustus 2016.

Kamu tertarik mendaftar? Selain mengisi formulir pendaftaran, kamu juga harus membuat video berdurasi maksimal lima menit, yang menceritakan singkat tentang profil UKM kreatif yang dikelola. Termasuk jenis usaha, produk atau jasa yang dihasilkan beserta keunggulannya, dan pasar ekspor yang dituju, kemudian diunggah ke Youtube.

Baca juga :   TOTON Wakili Asia Pasifik untuk Ronde Final IWP di Paris

Sepuluh semifinalis yang terpilih akan mendapatkan fasilitas konsultasi dan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Bekraf, mengikuti preliminary business discussion, dan pelatihan keahlian presentasi dari BukaLapak, ActionCOACH, Universitas Prasetya Mulia, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Bekraf.
Di tahap selanjutnya, para semifinalis akan melakukan presentasi model bisnis di hadapan dewan juri. Semifinalis juga akan memperoleh kesempatan dan pengalaman mempresentasikan ide dan inovasi bisnisnya di hadapan kalangan pebisnis profesional, beserta hadiah uang tunai senilai total Rp 245 juta.

Dari sini, hanya tiga finalis yang akan mengikuti tahap final. Finalis akan diminta membuat rancangan platform digital untuk memasarkan produknya, dan menyiapkan presentasi bisnis dalam waktu 48 jam.

Baca juga :   NanoBubble.id Pemenang Thinkubator

Hadiah uang tunai akan diberikan pada pemenang, dengan jumlah Rp 100 juta untuk juara pertama, Rp 70 juta dan Rp 50 juta masing-masing bagi juara kedua dan ketiga.

Peserta dengan video yang memiliki jumlah like dan atau view paling banyak, juga akan diberikan hadiah sebesar Rp 25 juta.

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)DBSkompetisiukm kreatif
Previous Post

Sepatu Bata Targetkan Produksi 4,5 juta Pasang Alas Kaki

Next Post

Penawaran Umum Terbatas II XL Raih US$ 500 juta

Related Posts

mesty ariotedjo
News

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Kemendikbudristek Gandeng Aplikasi Tentang Anak

23 Maret 2023
0
Lamudi.co.id x Dwicitra Land
News

Digitalisasi Pengalaman Pencarian Properti Pembeli, Dwicitra Land Kembali Gandeng Lamudi

23 Maret 2023
0
gofood
Analyze

Ini 8 Tips Jitu Jualan Kuliner Online Agar Makin Laris Manis

23 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Xtra Berkah Dari XL Selama Ramadhan

Penawaran Umum Terbatas II XL Raih US$ 500 juta

Industri kreatfi

Bekraf, Telkom dan MIKTI Siap Bina Industri Kreatif

Fintech

Fintech Dorong Sistem Cashless

Discussion about this post

Berita Terbaru

mesty ariotedjo

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Kemendikbudristek Gandeng Aplikasi Tentang Anak

23 Maret 2023
0
Lamudi.co.id x Dwicitra Land

Digitalisasi Pengalaman Pencarian Properti Pembeli, Dwicitra Land Kembali Gandeng Lamudi

23 Maret 2023
0
gofood

Ini 8 Tips Jitu Jualan Kuliner Online Agar Makin Laris Manis

23 Maret 2023
0
YDBA x Politeknik STMI

Bina Kompetensi UMKM, YDBA Gandeng Politeknik STMI

23 Maret 2023
0
ShopeePay

Kini, Layanan Pembayaran ShopeePay Terintegrasi dengan BI-FAST

23 Maret 2023
0
Kredivo

Kredivo Holdings Rampungkan Putaran Pendanaan Ekuitas Seri D Senilai US$270 Juta

23 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version